Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Melindungi Jaminan Kesehatan Dan Pendidikan Sebagai Hak Dasar Warga Desa Selok Besuki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun 2024

Authors

  • Risa Shoffia Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Putri Ayu Amelia Triana

Keywords:

kemiskinan, pendidikan, program keluarga harapan

Abstract

Orientasi Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai upaya pemerintah dalam menangani permasalahan kemiskinan yang ada di Indonesia. PKH bertujuan untuk memutus mata rantai kemiskinan di lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat agar masyarakat memiliki kemampuan dan kekuatan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka, sehingga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam melindungi jaminan kesehatan dan pendidikan sebagai hak dasar warga Desa Selok Besuki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Selok Besuki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara, dan kajian dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini bahwa implementasi dan efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap peningkatan pemeriksaan kesehatan dan keaktifan proses pembelajaran Keluarga Penerima Manfaat PKH Desa Selok Besuki Kecamatan Sukodono sudah berjalan sesuai dengan mengacu pada pedoman PKH. Pelaksanaan Program Keluarga Harapan sudah menunjukkan hasil yang positif sesuai dengan realita yang dirasakan oleh Keluarga Penerima Manfaat PKH.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Shoffia, R. ., & Amelia Triana, P. A. . (2024). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Melindungi Jaminan Kesehatan Dan Pendidikan Sebagai Hak Dasar Warga Desa Selok Besuki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun 2024. JELCi (Journal of Education, Law, and Citizenship), 2(2), 28–38. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jelcie/article/view/2145