Peran Mata Pelajaran PPKn Dalam Menciptakan Sikap Toleransi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Kabupaten Bondowoso

Authors

  • ahmad fadli
  • Nur Imamah Izzatul Millah

Keywords:

Mata pelajaran PPKn, sikap toleransi.

Abstract

Toleransi yang harus dimiliki siswa adalah menghormati, mengakui, dan menghargai. Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan menanamkan sikap toleransi terhadap keberagaman tersebut. Ini karena pendidikan dapat memberikan atau membangun kesadaran secara terstruktur terhadap pentingnya sikap toleransi dalam keberagaman suku, budaya, dan agama di Indonesia. Tujuan sekolah bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan siswa sekolah juga bertujuan untuk memperkenalkan siswa dan mempersatukan mereka pada keberagaman yang ada di lingkungan sekitar, seperti perbedaan suku, budaya, dan agama. Ini dilakukan agar siswa merasa nyaman dan damai dengan siswa lain dan tidak ada pertentangan.Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang digunakan. Ini tidak menguji hipotesis, tetapi digunakan untuk menggambarkan situasi yang sedang terjadi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk  memberikan fakta-fakta, gejala, dan kejadian tentang karakteristik di lembaga MTs Nurul Falah Bondowoso dengan penguatan sikap toleransi melalui mata pelajaran PPKn siswa menyadari perbedaan dan nilai-nilai kemanusiaan.

 

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

fadli, ahmad, & Izzatul Millah, N. I. (2024). Peran Mata Pelajaran PPKn Dalam Menciptakan Sikap Toleransi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Kabupaten Bondowoso. JELCi (Journal of Education, Law, and Citizenship), 2(2), 11–19. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jelcie/article/view/2143