Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Darul Ulum

Authors

  • Ahmad Fadli Universitas PGRI Argopuro
  • Syaiful Anam Universitas PGRI Argopuro

Keywords:

Keywords: learning readiness, material repetition, and learning achievement

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Islam Darul Ulum. Kesiapan siswa untuk belajar sangat berbeda antara satu siswa dengan siswa lainnya. Pada umumnya sering dijumpai siswa belum siap menerima pelajaran ketika pelajaran sudah dimulai. Misalnya karena sakit, kondisi siswa yang masih tegang, dan lain-lain. Sehingga hal ini akan membuat prestasi belajar siswa tidak maksimal. Hasil penelitian ini adalah kesiapan belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel pengulangan materi pelajaran.

 

 

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Fadli, A. ., & Anam, S. (2023). Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Darul Ulum. JELCi (Journal of Education, Law, and Citizenship), 1(1), 30–48. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jelcie/article/view/1264

Issue

Section

Articles