Efektifitas Penggunaan Sikap Demokratis Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Di Kelas IXa Dan IXb SMP Insan Perwira Tahun Pelajaran 2017/2018
Keywords:
Hubungan Sikap Guru Demokratis, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bersifat kuantitatif, jumlah responden dalam penelitian ini adalah 55 siswa SMP Insan Perwira, pengumpulan data menggunakan metode pengujian dan dokumentasi, uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan sikap demokratis guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn Kelas IXA dan IXB SMP Insan Perwira Tahun Pelajaran 2017/2018. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai yang meningkat ketika menggunakan sikap belajar demokratis, siswa menjadi bersemangat dalam belajar dan berusaha berpikir untuk berkompetisi brainstorming memecahkan masalah dari materi yang diberikan, sehingga pada saat diberikan soal ulangan siswa dapat menyelesaikannya. dengan maksimal. Hal ini sangat berbeda dengan sebelumnya guru mengajar dengan tidak menggunakan sikap demokratis, siswa masih merasa kesulitan dalam mengerjakan yang diberikan. Mereka cenderung bersemangat mengerjakan soal ulangan sehingga banyak yang salah jawab.
Kondisi kelas yang menggunakan sikap demokratis sangat kondusif dan Siwa juga sangat giat mengikuti mata pelajaran, sangat memudahkn mengkondusikan seorang guru untuk kelas.