Perspektif Guru PAUD mengenai Pembelajaran Anak Usia Dini melalui Daring
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 telah banyak mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat, termasuk salah satunya di bidang pendidikan. Pemerintah Indonesia kemudian menetapkan peraturan bahwa kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) atau dikenal juga dengan istilah “kelas online”, hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Penutupan sementara lembaga pendidikan selama pandemi Covid-19 mendorong guru PAUD untuk mengkaji ulang pembelajaran yang dilaksanakan pada sekolah PAUD selama ini. Penelitian ini memberikan gambaran periode pembelajaran dari rumah dari sudut pandang guru PAUD, dimana di dalam pembelajaran tersebut mencerminkan bagaimana elemen yang berbeda dari penggunaan suatu gadget pada anak prasekolah dapat berlaku selama periode tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner. Data dikumpulkan dari guru-guru PAUD yang mengajar di Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan yang kuat pada guru PAUD untuk beradaptasi dengan kebutuhan orang tua dan anak, dan pada saat yang sama, terdapat korelasi yang kuat antara penggunaan platform online dengan tingkat keterampilan digital guru. Jika guru PAUD memiliki pemikiran dan wawasan yang terbuka dan memiliki pendekatan yang adaptif terhadap situasi terkini, maka akan membantu guru tersebut dalam memberikan kegiatan pembelajaran, baik secara daring maupun secara luring, kepada anak prasekolah.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Chikmah, A. 2018. Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosianal Anak Pra Sekolah di Tk Pembina Kota Tegal. SIKLUS Jurnal Research Midwifery Politeknik Tegal: Volume 7 Nomor 2.
Dewi, Ika Puspa and Yuniarti, Yuniarti and Burhan, Rialike and Lubis, Yuliana and Andriani, Lusi (2018) Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Anak Prasekolah di Paud IT Auladuna Kota Bengkulu Tahun 2018. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Surahman, S. 2021. Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo: Volume 4 Nomor 3 September-Desember.
Hardiyanti, W. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 6 Issue 4 Pages 3759-3770.
Forray, Kozma T. 2021: Community learning during epidemic period. Educatio 2021/3, pp. 36-49. URL: https://akjournals.com/view/journals/2063/30/1/articlep36.xml?fbclid=IwAR3y6CWtD8jSy2In461za9agbj4IHzBn_Em74rd3MOslnSgj90D9BNC5K5c [25.10. 2022].
Kennedy, J., Hupert, N. 2021. Using Digital Media to Support Early Learning. URL: https://www.edutopia.org/article/using-digital-media-support-early-learning [19. 10. 2022].
Hódi Á., Tóth E., B. Németh M. és Fáyné Dombi A. (2019): Preschoolers ICT-use at home – parental
model and engagement. In Neveléstudomány (Educational Sciences) 2019/2, pp. 22-41. URL: http://real.mtak.hu/95034/1/nevelestudomany_2019_2_22-41. pdf [19. 10. 2022].