EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Isi Artikel Utama

Lia Yunita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pemahaman konsep dan motivasi antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi problem based learning berbantuan e-learning dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi problem based learning, dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan pretest-postest control group.  Populasi adalah seluruh mahasiswa Universitas Proklamasi Jurusan Teknik Perminyakan tahun pelajaran 2016/2017.  Sampel 104 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelas yang diambil sampel secara  cluster sampling. Analisis data menggunakan Anova. Pengumpulan data dilakukan berupa tes. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar  dan pemahaman konsep dengan tes butiran soal pilihan ganda, untuk mengetahui motivasi mahasiswa dengan  angket motivasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa problem based learning berbantuan e-learning efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mata kuliah Pengantar Teknik Perminyakan. Selain itu, problem based learning berbantuan e-learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, dan berpengaruh terhadap motivasi mahasiswa untuk lebih tertarik terhadap pembelajaran mata kuliah Pengantar Teknik Perminyakan sehingga prestasi meningkat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yunita, L. (2017). EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 1(1), 1–8. Diambil dari https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/91
Bagian
Articles