PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN PENERAPAN HYBRID LEARNING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penerapan hybrid learning diharapkan mampu memperbaiki nilai mahasiswa di semua mata kuliah tidak terkecuali mata kuliah kewirausahaan. Dosen dapat menerapkan komposisi 65% tatap muka dan 35% daring. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa angkatan 2020 pada program studi pendidikan ekonomi dan manajemen, khususnya mereka yang menempuh matakuliah kewirausahaan. Dipilih mata kuliah kewirausahaan karena peminatnya banyak dan ada materi menarik yaitu businees plan dan digital marketing yang mana pembahasannya serta pengaplikasiannya membutuhkan tatap muka dan sharing lebih dalam dengan mahasiswa. Variabel yang difokuskan adalah motivasi belajar dan nilai kewirausahaan. Apakah traetment hybrid learning mampu menambah motivasi belajar mahasiwa? Apakah nilai mereka akan meningkat juga. Dengan menggunakan posttest dan pretest serta uji beda, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Skor motivasi dan nilai kewirausahaan mahasiswa meningkat setelah pembelajaran hybrid learning pada mahasiswa prodi Manajemen. Motivasi belajar dan hasil nilai kewirausahaan ada beda pada saat sebelum menggunakan hybrid learning dan setelah menggunakan hybrid learning, hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran hybrid learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kewirausahaan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dan Manajemen Universitas PGRI Argopuro Jember.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Agnes, Lyberti Ranum, A., (2022). Optimalisasi Media Pembelajaran Dalam Hybrid learning Pada Matapelajaran Seni Budaya ( Tari ) Di Smp Negeri 50 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol. 11 No. 2, Desember 2022, 276–290.
Aristika, Ayu. dkk. (2021). The Effectiveness of Hybrid learning in Improving of Teacher Student Relationship in Terms of Learning Motivation. Emerging Science Journal. Vol. 5, No. 4. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01288
Febnesia, H., Nurtanto, M., Ikhsanudin, & Abdillah, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid learning Dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Pengelasan Pada Siswa SMKS Yabhinka. Research and Development Journal of Education, 7 (2), 532-543.
Harun, A., Asyiah, N., Kuswanto, C. W., & Hs, A. I. (2021). Model Pembelajaran Hybrid learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al Tadzkiyyah.12(2), 349–359.
Soler, dkk. 2017. Subjects in The Blended Learning Model Design. Theoretical Methodological Elements. Journal Social and Behavioral Sciencz.
Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning Dalam PTM Terbatas Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development Volume 2 Nomor 3, November 2021. DOI: 10.5281/zenodo.5681376
Yofita Sandra, Z. Mawardi Effendi, Atmazaki. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning Pada Mata Kuliah Praktikum. Prosiding Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.