MENANGKAL RADIKALISME BERUJUNG TERORISME DENGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT

Isi Artikel Utama

Mukhtar Zaini Dahlan

Abstrak

Dalam konteks secara global politik kini telah dikagetkan dengan munculnya radikalisasi dalam beragama. Masalah ini juga dihadapaioleh negara Indonesia meskipun Indonesia merupakan negara demokrasi. Namun, beberapa waktu terakhir demokrasi di Indonesia tampak memprihatinka. Hal ini ditandai dengan munculnya peristiwa kekerasan yang mengatasnakan agama, peristiwa terror bom, dan sebagainya. Peristiwa-peristiwa ini dinilai menjadi permasalahan yang serius. Dapat kita ketahui bahwa kekerasan yang mengatasnamakan agama sudah dan terjadi pada masa peradaban manusia yang  masih berada di fasekebiadaban manusia. Kekerasan ini dipicu dari adanya perbedaan antar agaman dalam segi perbedaan kitab sucinya. Kesalahpahaman dalam mengartikan perbedaan ini melahirkan adanya beberappa fanatisme sekterian yang semakin merebak. Salah pemahaman ini berakibat pada pemikiran setiap pemeluk agama lain dalam berpandangan terhadap negara lainnya. Sikap dan perilaku seperti ini cenderung seperti melecehkan keberadaan agama lain  Radikalisme tersebut tidak bisa di biarkan karena akan mengganggu ketentraman masyarakat. Untuk itu pemerintah dan segenap masyarakat harus berupaya menanggulangi faham  rdikal ini dengan segenap upaya. Di antaranya yaitu yang bersifat kemasyarakatan. Karena akan langsung di rasakan dan dapat langsung kepada terarah potensi potensi di masyarakat yang akan menuju pada faham radikal tanpa harus menunjuk siapa siapa yang mempunyai pemikiran radikal. Upaya menangkal radikalisme yaitu dengan (1) re-edukasi (memahami Islam lebih utuh); (2) kampanye ukhuwwah isl?miyyah dan anti radikalisme dengan cara memasukkannya melalui kegiatan kegiatan yang ada di masyarakat khususnya yang berhaluan keagamaan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dahlan, M. Z. . (2022). MENANGKAL RADIKALISME BERUJUNG TERORISME DENGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(2), 205–213. https://doi.org/10.31537/ej.v6i2.886
Bagian
Articles

Referensi

Ahmad Fuad Fanani.2013.Fenomena Radikalisme di Kalangan Kaum Muda. Jurnal 8:4

Al-Jamali, Muhammad Fadhil, Tarbiyah Al-Insan Al-Jadid,.Al-Turisiyyah, Al-Syarikat

Arifin, M. 1993. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Darajat, Zakiah. 1984. Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang

Hasyim, Syafiq. 2013. Penanggulangan radikalisme dan ekstremisme berbasis agama http://bimasislam.kemenag.go.id/post/opini/ di akses 19 Pebruari 2016

Mishbah, M. Taqi. 1984. Monoteisme Sebagai Sistem Nilai dan Aqidah Islam. Jakarta:Lentera

Muhaimin, Abd. Mujib.1991. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung : Bumi Aksara

Munip, Abdul. 2012. Menangkal Radikalisme Agama Di Sekolah . Jurnal Pendidikan Islam :I (2) : 162

Pius A. Partantob dan M. Dahlan Al Barry, 1994. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arloka

Rokhmad, Abu. 2012. Radikalisme Islam Dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal walisongo, 20 (1): 29

Zainal Arifin, 2011. “Upaya Para Santri Mlangi Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta Dalam Mencegah Infiltrasi Paham Islam Radikal (Kajian Fenomenologis)”, Laporan Penelitian, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,