ADOPSI INOVASI E-LEARNING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER DUA UNIVERSITAS PGRI ARGOPURO JEMBER
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam segala aspek kegiatan masyarakat termasuk di dalamnya pelaksanaan pendidikan. Adanya teknologi memungkinkan pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh, yang dikenal dengan istilah e-learning. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis adopsi inovasi e-learning pada mahasiswa dengan menggunakan lima faktor inovasi, yaitu : (a) keunggulan relatif (relative advantages), (b) kesesuaian (compability), (c) kerumitan(complexity), (d) kemungkinan dicoba (triability), (e) kemungkinan diamati (observability). Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi semester dua Universitas PGRI Argopuro Jember. Jumlah responden 97 mahasiswa. Metode pengunpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disusun dalam pernyataan dan diukur menggunakan skala Likert. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi inovasi e-learning pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi semester dua berlangsung dengan baik.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Everett, Rogers M. 2003. Diffusion of Innovations Third Edition. New York :The Free Press.
Hari, Yulius. Darmanto. Minny ElisaYanggah.2016. Tingkat Adopsi Inovasi Teknologi Sistem M-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Pada Tingkat SMA. Prosiding Seminar Nasional Multi Disipli Ilmu & Call Papers Unisbank ke-2.
Kusdibyo,Lusianus. Leo, Gundur. 2018. Adopsi Inovasi E-Learning di Perguruan Tinggi. Prosiding 9th Industrial Research Workshop and National Seminar. Politeknik Negeri Bandung.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Suarta, I Made. Suwintana, I Ketut. 2012. Model Pengukuran Konstruksi Adopsi Inovasi E-Learning. Journal of Information Systems. Volume 8. Issue 1.
Sugandini, Dyah. Trestina Ekawati. Rahajeng Arundati. Hlimin. 2021. Pengaruh E-Learning Readness, Innovation, Performance Expectancy dan Perceived Usefulness terhadap Intention To Use E-Learning pada Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia. Akademi Angkatan Udara Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Rineka Cipta.
Warisetyaningsih, Lucia. Tanuwijaya, Novita Sari. 2021. Efektivitas Adopsi Inovasi Pengembangan Pembelajaran Dalam Skema Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Dinamika Pendidikan Vol. 14, No.2, Juli.