PENGARUH APLIKASI NVDA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TUNANETRA UNIPAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan Aplikasi NVDA (NonVisual Dekstop Akses) berbasis laptop dan komputer dijadikan sebagai pembelajaran karena dapat membantu anak tuna netra dalam mengoprasikan laptop atau komputer guna menunjang pembelajaran dalam perkulihan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur seberapa afektif penggunaan aplikasi NVDA bagi mahasiswa penyandang tunanetra total dan tunanetra low vision Universitas PGRI Argopuro dalam mengikuti pembelajaran. Serta mengukur prestasi dan kemandirian mahasiswa tunanetra Universitas PGRI Argopuro dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiwa tunanetra total dan tunanetra low vision Universitas PGRI Argopuro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi NVDA (NonVisual Dekstop Akses) berbasis laptop ini dapat meningkatkan kognitif hasil belajar juga kemandirian mahasiswa tunenetra dalam menjalankan tugas perkuliahan terutama dalam pengoperasian dan pembuatan dokumen di Microsoft Office. Hal ini membuktikan aplikasi NVDA ini sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran anak tuna netra Universitas PGRI Argopuro dalam menjalankan tugas perkuliahan.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Dees, Robert L. 1991. “The Role of Cooperative Learning in Increasing ProblemSolving Ability in a College Remedial Course. Journal for Research in Mathematics Education.
Depdikbud, 2008, Atlas Ilmu Pengetahuan Sosial, Indonesia dan Dunia, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Iin. 2012. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 19. Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.
Rusman, 2012.Model-model Pelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slavin, R.E. 1995. Cooperative Lear-ning: Theory, Resarch, and Practice Scond editi: Massaachussetts: Allyn and Boston Publisher.