EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING DI TENGAH WABAH COVID-19
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pademi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut.Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring pembelajaran Fisiska Kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Lingkungan Sekolah . Subjek penelitian adalah siswa Kelas X MIPA 1. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui zoom cloud meeting. Penelitian dilakukan dengan terlebih dahulu mengadakan survey kepada siswa mengenai penerapan pembelajaran daring. Dengan menggunakan google form Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar dan (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian siswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.Lemahnya pengawasan terhadap siswa, kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok, dan mahalnya biaya kuota adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring. Meningkatkan kemandirian belajar, minat dan motivasi, keberanian mengemukakangagasan dan pertanyaan adalah keuntungan lain dari pembelajaran daring
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Aina, M. (2016).Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa SMA Kelas XI MIA.Biodik,2(1).
American Journal of Distance Education.https://doi.org/10.1207/s15389286ajde1903
Anggereini, E. (2017). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Pageflip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment).BIODIK, 3(2),81-91.
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Siswa.MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017).Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Siswa.Jurnal Gantang, 4(2), 111-
Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F., ... Van Tam, J. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures. Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.3201/eid1201.051371
Caley, P., Philp, D. J., & McCracken, K. (2008).Quantifying social distancing arising from pandemic influenza.Journal of theRoyal Society Interface .https://doi.org/10.1098/rsif.2007.1197
Chan, N. N., Walker, C., & Gleaves, A. (2015). An exploration of students’ lived experiences of using smartphones in diverse learning contexts using a hermeneutic phenomenological approach. Computers and Education .https://doi.org/10.1016Zj.compedu.2014.11.001
Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile .Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung DjatiBandung.
Distance Education. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428
Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-
Garrison, D. R., & Cleveland-Innes, M. (2005).in Online Learning : Interaction Is Not Enough.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in highereducation: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education.https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
Gokfearslan, §., Mumcu, F. K., Ha§laman, T., & £evik, Y. D. (2016). Modelling
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century .Journal of Information Systems Education.
https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5499
https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Kim, Y., Wang, Y., & Oh, J. (2016). Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students.Cyberpsychology,Behavior, and Social Networking.https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0408
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011).Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education.Procedia - Social and Behavioral Sciences.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029
Kumar, V., & Nanda, P. (2018).Social Media in Higher Education.International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Indonesian Language Education and
Lau, W. W. F. (2017). Effects of social media usage and social media multitasking on the academic performance of university students.Computers in Human Behavior.https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.043
Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994).Qualitative Data Analysis SecondEdition.
Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences:SecondEdition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4
Molinda, M. (2005), Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education.https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.
Naserly, M. K. (2020). IMPLEMENTASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN WHATSAPP GROUP DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT (StudiKasus
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). PENGGUNAAN APLEN (APLIKASI ONLINE) SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 1, No. 01)
Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sekolah Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019).Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas.TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(1).
Rizaldi, Dedi Riyan, dkk, 2020, Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Mata Kuliah Mekanika dan Termostatistika saat Pandemi COVID-19 http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/index,
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2), 131-138.https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590
Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020).Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0.Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 18-28.
SAGE Publications.
Siddiqui, S., & Singh, T. (2016).Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects.International Journal of Computer Applications Technology and Research.https://doi.org/10.7753/ijcatr0502.1006
smartphone addiction: The role of smartphone usage, self-regulation, general self-efficacy and cyberloafing in university students. Computers in Human Behavior.https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.091
So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016Zj.iheduc.2016.06.001
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful eLearning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction.Computers and Education.https://doi.org/10.1016Zj.compedu.2006.11.007
Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning.
Swan, K. (2002). Building Learning Communities in Online Courses: the importance ofinteraction. Education, Communication & Information. https://doi.org/10.1080/1463631022000005016
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216