PENGARUH GAYA BELAJAR FIELD INDEPENDENT (MANDIRI) TERHADAP MINAT MEMBACA DI KELAS V SD NEGERI 6 DAWUHAN KECAMATAN SITUBONDO

Isi Artikel Utama

Gustilas

Abstrak

SD Negeri 6 Dawuhan merupakan sekolah yang sudah lama berdiri. Penulis meneliti pengaruh model pembelajaran field independent terhadap minat baca siswa di SDN 6 Dawuhan Situbondo. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengukur model pembelajaran field independent melalui minat baca siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “adakah pengaruh yang signifikan field independent learning terhadap minat baca siswa kelas V SD Negeri 6 Dawuhan?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh field independent learning terhadap minat baca siswa kelas V SDN 6 Dawuhan. Penelitian ini menggunakan korelasi karena penelitian ini mengkorelasikan dua variabel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner yang digunakan harus diuji validitasnya. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji normalitas sebelum dilakukan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dengan minat baca siswa di SDN 6 Dawuhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Setiawan, G. A. . (2023). PENGARUH GAYA BELAJAR FIELD INDEPENDENT (MANDIRI) TERHADAP MINAT MEMBACA DI KELAS V SD NEGERI 6 DAWUHAN KECAMATAN SITUBONDO. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(2), 125–131. https://doi.org/10.31537/ej.v6i2.876
Bagian
Articles

Referensi

Eysenek, (2011). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mudjiono dan damayati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Mustafidah Hayati, dkk. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif). Bandung : Alfabeta

Purwanto, Eko Hadi, dkk. (2017). Pedoman Penulisan Skripsi. Situbondo : UNARS Press

Purwanto samuel. (2013) Pengaruh Kemampuan Berfikir, Gaya Belajar dan Kemampuan Adaptasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN 3 Yogyakarta. Yogyakarta : Skripi PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Rusman, (2012). Model-Model pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Siregar syofian, (2013) Metode Penelitian Kuantitatif (perhitungan manual dan SPSS). Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandri