PENERAPAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA MELALUI TUTOR SEBAYA SMP NEGERI 2 AMBULU - JEMBER

Isi Artikel Utama

Tri Kurniatun

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana upaya meningkatkan aktivitas siswa tentang aritmatika sosial melalui penerapan problem solving dengan bantuan  tutor sebaya. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan aktivitas siswa siswa setelah pembelajara tentang  aritmatika sosial kelas VII C SMP Negeri 2 Ambulu-Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa VII C SMP Negeri 2 Ambulu-Jember dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada saat pembelajaran dilaksanakan yaitu 81.12% pada siklus 1 dan  90.93% pada siklus 2. Sedangkan aktivitas siswa dapat dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan 92.5 % pada siklus 1 dan siklus 2.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kurniatun, T. (2018). PENERAPAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA MELALUI TUTOR SEBAYA SMP NEGERI 2 AMBULU - JEMBER. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 1(1), 76–82. Diambil dari https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/81
Bagian
Articles