PENERAPAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA MELALUI TUTOR SEBAYA SMP NEGERI 2 AMBULU - JEMBER
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana upaya meningkatkan aktivitas siswa tentang aritmatika sosial melalui penerapan problem solving dengan bantuan tutor sebaya. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan aktivitas siswa siswa setelah pembelajara tentang aritmatika sosial kelas VII C SMP Negeri 2 Ambulu-Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa VII C SMP Negeri 2 Ambulu-Jember dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada saat pembelajaran dilaksanakan yaitu 81.12% pada siklus 1 dan 90.93% pada siklus 2. Sedangkan aktivitas siswa dapat dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan 92.5 % pada siklus 1 dan siklus 2.