PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK AL IHSAN BANYUWANGI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kecerdasan anak jika dilatih sedini mungkin, akan membuat perkembangan inteligensinya lebih baik. Untuk anak usia dini kita bisa merangsang kecerdasannya dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) seperti mainan edukatif. Namun, banyak kegiatan pembelajaran di taman kanak-kanak yang belum memanfaatkan alat permainan edukatif (APE) sebagai alat bantu untuk guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Kemampuan Kognitif Anak di TK Al Ihsan Kabupaten Banyuwangi. Analisa data dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sedangkan penentuan objek penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 30 siswa. Dalam menyempurnakan hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dokumentasi. Dalam menganalisa data ini, sebagai variable bebasnya (variabel x) adalah alat permainan edukatif, sedangkan variable tergantungnya (variabel y) adalah kemampuan kognitif digunakan rumus Chi Kuadrat. Dari analisa data diketahui hasil Chi Kuadrat hitung = 15 sedangkan Chi Kuadrat Tabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 3,841. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu Ada Pengaruh Alat Permainan Edukatif terhadap Kemampuan Kognitif di TK Al Ihsan Banyuwangi. Dan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengaruhnya maka dilanjutkan dengan rumus Koefisien Kontingensi (KK). Dengan demikian hasil dari perhitungan rumus KK 0,577 berada pada table yang bergerak 0,400-0,599 yakni ada pengaruh tingkat sedang.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Billet, S. 2017. “Theorising the Coccurrence of Remaking Occupational Practices and Their Learning.” Practice Theory Perspectives on Pedagogy and Education 68–86. doi: 10.1007/978-981-10-3130-4_4.
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tenaga Kependidikan dan Ketenagakerjaan Perguruan Tinggi.
Fadlilah, M, dkk. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hasana, Sry, Nur.,S, . 2013. “Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Pada Anak Pra Sekolah Di Wilayah Puskesmas Ondong Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.” E-Journal: Universitas Sam Ratulangi Manado.
Kliegman, Robert, M., dkk. 2012. Ilmu Kesehatan Anak Nelson Ed. 15, Vol.1. Jakarta: EGC.
Mayesty, M. 1990. Creative Activities For Young Children 4 Th Ed: Play, Development, and Creativity. New York: Delmark Publiser Inc.
Monks, F J., A M P Knoers., Haditono, S. T. 1999. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Muloke, I., A. Ismanto, and Y. Bataha. 2017. “Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.” Jurnal Keperawatan UNSRAT 5(1):111977.
Musbikin, I. 2010. Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.
Salkind, N. J. 2009. Teori-Teori Perkembangan Manusia. Bandung: Nusa Pedia.
Shofiyatun. 2010. Alat Permainan Edukatif Untuk Program PAUD. Palu: Tadulako University Press.
Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Soetjiningsih. 2012. Konsep Bermain Pada Anak Dalam Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Sujiono, YN. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Wong, R. K. S. 2017. “Do Hong Kong Parents Engage in Learning Activities Conductive to Preschool Children’s Mathematics Development?” Early Mathematics Learning and Development 2:165–78. doi: 10.1007/978-981-10-2553-2_10.
Yusuf, A. M. 2019. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.
SPSS. Jakarta: Kencana.
Soetjiningsih. 2012. Konsep Bermain Pada Anak Dalam Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Sujiono, YN. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Wong, R. K. S. 2017. “Do Hong Kong Parents Engage in Learning Activities Conductive to Preschool Children’s Mathematics Development?” Early Mathematics Learning and Development 2:165–78. doi: 10.1007/978-981-10-2553-2_10.
Yusuf, A. M. 2019. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.