HUBUNGAN PEMBIASAAN KEDISIPLINAN TERHADAP KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Isi Artikel Utama

Wijaya Adi Putra
Ratnasari Dwi Ade Chandra
Fitriyatus Sayyinah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada hubungan pembiasaan kedisiplinan terhadap karakter religius pada anak usia 5-6 tahun TK Nurus Sa’adah 03, Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah TK Nurus Sa’adah 03 Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo yang berjumlah 23 anak dengan menggunakan penelitian populasi, teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk meneliti tentang mengenai Hubungan Pembiasaan Kedisipilinan Terhadap Karakter Religius Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Teknik analisis data menggunakan chi kuadrat untuk menentukan   Berdasarkan hasil perhitungan maka diketahui nilai x^2 hitung adalah 23,85 sedangkan nilai x^2tabel dengan tarif signifikansi 5% = 3,84. Dengan demikian nilai x^2hitung lebih besar dari nilai x^2tabel, sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima, yang berarti ada hubungan pembiasaan kedisiplinan terhadap karakter religius anak usia 5-6 tahun di TK Nurus Sa’adah 03 Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo tahun ajaran 2020/2021.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putra, W. A., Chandra, R. D. A., & Sayyinah, F. (2022). HUBUNGAN PEMBIASAAN KEDISIPLINAN TERHADAP KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(1), 79–88. https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.645
Bagian
Articles

Referensi

Ahsanulkhaq’, M. 2019. Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. jurnal prakarsa paedagogia. 2 (1):
Aulinania, C. 2013. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. 2 (1): 36-49
Buton, H, I. 2020. Membangun Ketahanan Religius Anak Melalui Active Parental Involvement. Jurnal Islam Nusntara. 20 (1): 116-117.
Gunarti, W. (Ed,). 2017. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.
Hambali, M. 2018. Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal pedagogik. 18 (5):199-200.
Insania. 2018. Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini. Jurnal Islam Nusantara. 25(2):284.
Luluk, H. (Ed,). 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.
Muhmidayeli. (Ed,). 2007. Pendidikan Islam. Riau: Program Pascasarjana UIN.
Salahudin, A. & Alkrienciehie, I. (Eds). 2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: PUSTAKA SETIA.
Sudaryanti. 2017. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. 2 (6):206
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suismanto, I. 2018. Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 18 (3):233-235.
Tabi’in , A. 2016. Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 17 (3):11-12.
Yasyakur, M. 2016. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Jurnal Pendidikan Islam. 17 (5):1187:1188.
Yusriana, A. (Ed). 2012. Kiat-Kiat Menjadi Guru Paud Yang Disukai Anak-Anak. Jogjakarta: DIVA Press.