PENGEMBANGAN ALAT UKUR MINAT KARIR PADA LULUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Alat Ukur Minat untuk Pengembangan Karir pada Lulusan Sekolah Menengah Atas yang terdiri dari dua bagian yaitu Aktivitas dan Pekerjaan masih memerlukan modifikasi untuk mampu memenuhi kaidah psikometri yaitu memiliki item yang baik, reliabel dan valid. Alat ukur Minat untuk Pengembangan Karir pada Lulusan Sekolah Menengah Atas yang dikembangkan pada penelitian ini telah berhasil memenuhi tujuan praktisnya yaitu dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat dan kemudahan bagi responden untuk memahami instruksinya tanpa dibimbing. Untuk pengembangan selanjutnya disarankan untuk membuat item yang lebih banyak untuk kemudian diambil item yang memiliki korelasi tinggi untuk digunakan pada alat ukur Aktivitas. Jumlah responden yang kurang memadai pada penelitian ini, mungkin dapat dilakukan dengan lebih baik pada penelitian lainnya, disarankan agar responden yang diambil lebih banyak dari 180 orang untuk dapat mengukur validitas alat ukur ini atau dilakukan proses validitas dengan tehnik yang lain, terutama untuk alat ukur Pekerjaan yang telah reliabel. Pada bentuk akhirnya alat ukur tetap disarankan untuk terdiri dari 60 item untuk alat ukur aktivitas, sementara untuk alat ukur pekerjaan disarankan untuk memiliki jumlah item yang lebih sedikit, mungkin sekitar 60 item dengan pertimbangan kebutuhan praktisnya.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Brown, D., Brooks, L., & Associates (1990). Career choice and Development: Applying contemporary theories to practice 2nd ed. San Francisco: JosseyBass.
Frade, Nelia. (2004). An Investigation to Determine The Differential Effects of two Test Interpretation Styles, in Career Counselling. Rands Afrikaans University, Department of Psychology.
Isaacson, L.E., & Brown, D. (1997). Career information, Career Counselling, and Career Development 6th ed. Boston: Allyn & Bacon .
Lowman, R.L. (1997). Clinical practise of career assessment: Interest, abilities, and personality. Washington, DC:American Psychology Association.
Santrock, John W. (2001). Educational Psychology, Eight Edition. New York: McGraw-Hill.
Sharf, R.S. (2006). Applying career development theory to counselling 4nd ed. Pacific Grove: Brooks/Cole.
Johnson, S. (2000) Career Development Theory diambil pada bulan Mei dari http://www.careernet.state.md.us/careertheory.htm
NN. (2003). Holland Personality Types and Environment Models. California State University, Sacramento. www.wsus.edu/careercentre
NN. (2002). Holland Theory. Kansas State University, Academic and Carer Development Centres. www.ksu.edu