Peningkatan Hasil Belajar Gelombang Berjalan Dan Stasioner melalui ”Dicon In”(Diagram Concentric Inovative)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau dalam istilah Fisika adalah Clasroom Action Research (CAR). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode PTK Kemmis & Mc.Taggart yang dalam alur penelitiannya yakni meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan selama 3 minggu dengan jumlah tatap muka sebanyak 4X I pertemuan, dimulai tanggal 24 Februari 2020 sampai tanggal 15 April 2020. Analisis data menggunakan standart minimal KKM 70 dan ketuntasan klasikal 85%. Dari hasil penelitian diperoleh rerata nilai penilaian harian 92,4 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ”DICON IN” (Diagram Concentric Innovative) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 pada materi Gelombang Berjalan dan Stasioner di SMA Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2019-2020.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Anggereini, E. (2017). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Pageflip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment).BIODIK, 3(2),81-91.
https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5499
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Arikunto, Suharsimi.(2017). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Basuki Prayitno, 2013, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Jakarta, Depdiknas
Buchari, M, 1983, Teknik-teknik Evaluasi dalam Pendidikan, Jemmars, Bandung Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Ketentuan Umum Pendidikan Prasekolah, Dasar, dan Menengah Umum, Jakarta
Direktoran Sekolah Dasar, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan(2020), http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pembelajaran-jarak-jauh-pjj-bisa-jadi-model-pendidikan-masa-depan
Fathurrohman, Muhammad, MPdI, 2015, Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013, Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global, Kalimedia Yogyakarta
Herliani, Elly. 2009. Penilaian Hasil Belajar. PPPPTKIPA: Jakarta
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Pustaka Insan Madani, Yogyakarta
http://modulfisika.blogspot.com/2010/02/kelas-vii-pemuaian zat.html/http://www.syvum.com/squizzes/physics/
Jensen , Eric, 2010,Guru Super dan Super Teaching,PT Indeks, Jakarta
Lu, Andrew, 2012 https://faststone-capture.id.uptodown.com/windows
Marthen Kanginan, 2013, Fisika Untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013, Erlangga, Jakarta
Martinis Yamin, 2007, Kiat Membelajarkan Peserta didik, Gaung Persada, Jakarta Nurhadi, 2002, Pendekatan Kontekstual (ConteXItual Teaching and Learning), Malang: Universitas Negeri Malang.
Oliver, Andre 2020, https://glints.com/id/lowongan/webex-adalah/#.YMcUpvkzaM8
Priansa, Donni Junia, S.Pd, SE, MM, QWP, 2017, Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik, Penerbit PUSTAKA SETIA Bandung
Slameto, 1991, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Bina Aksara: Jakarta.