Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar di Perpustakaan Terhadap Minat Baca Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kualitas dan kepuasan pengguna perpustakaan bergantung pada tersedianya sumber belajar yang dapat mendukung kebutuhan pembaca. Seiring dengan digunakannya buku sebagai pemanfaatan sumber belajar, tentunya membaca merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu maupun informasi yang terdapat dalam buku tersebut. Namun saat ini budaya membaca masih dianggap kurang penting sehingga masih perlu ditingkatkan. Dalam menumbuhkan minat baca, tidak selalu bergantung pada tersedianya sumber belajar tetapi juga kesadaran akan pentingnya membaca dan menanamkan kecintaan membaca yang dimulai dari diri kita sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan sumber belajar di perpustakaan STKIP PGRI Trenggalek terhadap minat baca mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukkan dengan menyebarkan angket. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung (3,443) > ttabel (1,988) pada taraf signifikansi 5%, yang berarti ada pengaruh antara ketersediaan sumber belajar di perpustakaan STKIP PGRI Trenggalek terhadap minat baca mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Pustaka.
Sitepu, B.P. 2017. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sudarsana, Undang & Bastiano. 2013. Pembinaan Minat Baca. Banten: Universitas Terbuka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.