Peningkatan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Memahami Kebebasan Berorganisasi dengan Menggunakan Metode Studi Lapangan

Isi Artikel Utama

Moh.Nuril Hudha

Abstrak

Mata pelajaran PKN dengan pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi ini adalah materi yang cukup sulit, hal ini dilihat dari partisipasi siswa dan hasil tes awal pembelajaran yang masih rendah. Tingkat keberhasilan proses belajar mengajar ditunjukkan oleh penguasaan materi oleh siswa. Tingkat penguasaan materi oleh siswa dapat diketahui dari hasil ulangan yang diberikan oleh guru. Hasil ulangan yang dilaksanakan peneliti di kelas V semester genap tahun pelajaran 2019-2020 berdasarkan data yang diperoleh dari hasil ulangan mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKN) tingkat keberhasilannya 55% atau dari 20 siswa. Penggunaan PTK sebagai salah satu penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan dua siklus. Pelaksanaan siklus I ini direncanakan peneliti dan observer setelah melihat hasil pembelajaran sebelumnya yang hanya mencapai 55% tingkat keberhasilan. Siklus I ini dilaksanakan pada tanggal  4 Mei 2020. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan dengan metode Studi Lapangan ternyata hasil belajar siswa cukup baik yaitu 75% siswa sudah mendapatkan nilai diatas KKM. Pada siklus II Hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Duwet dari 20 siswa, siswa yang mendapat nilai diatas KKM berjumlah 18 orang (90%) sesudah dilaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran siklus II maka hasil belajar siswa pada siklus II ini sudah melampaui standar minimal ketuntasan klasikal yaitu 70%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hudha, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Memahami Kebebasan Berorganisasi dengan Menggunakan Metode Studi Lapangan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 187–196. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.352
Bagian
Articles