Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Procedure Melalui Model Pembelajaran Scramble Text Siswa

Isi Artikel Utama

Dyah Wulandari

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi peneliti selaku guru kelas IX di semester 1 hampir selalu sama, yaitu kemampuan menulis. Khususnya pada teks Procedure, padahal mereka sudah mempelajarinya di kelas VII. Oleh karena agar tidak terulang, maka pada awal tahun ajaran 2015/2016 peneliti selaku guru kelas IX SMP Negeri 2 Tugu melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran yang berbeda, yaitu Scramble text. Kelas IX A dipilih dengan pertimbangan bahwa pada prestasi belajar menulis kelas ini adalah yang paling rendah pada saat kelas VIII pada KD menulis, dengan  ketuntasan klasikal 55,56%. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus dan 4 tahap. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan nilai rata-rata yang pada saat prasiklus adalah 63,89 dan meningkat menjadi 73,75 pada siklus 1. kemudian pada siklus 2 meningkat lagi menjadi sebesar 79,72. Begitu pula dengan persentase ketuntasan kelas yang meningkat dari 55,56% pada prasiklus menjadi menjadi 72,22% pada siklus 1 dan 91,67 %  pada siklus 2.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wulandari, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Procedure Melalui Model Pembelajaran Scramble Text Siswa. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 171–186. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.351
Bagian
Articles