UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU PRO SOSIAL MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XIIA2 SMA NEGERI I DOLOPO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Memperhatikan karakter dari siswa SMA maka perlakuan dan atau tindakan harus sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Salah satu media yang tepat untuk memberikan perlakuan tersebut adalah melalui layanan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling sebagai salah satu unsur pendidikan yang memegang peranan strategis karena langsung bersentuhan dengan aspek pribadi siswa. Dari fakta yang ditemukan disekolah, pada siswa kelas XIIA2 SMA Negeri 1 Dolopo tahun pelajaran 2018/2019 masih terdapat beberapa siswa yang memiliki sikap/perilaku yang kurang sosial misalnya tidak peduli dengan teman,cuek,tidak mau kerjasama, interaksi antar siswa kurang tampak (membuat gang),siswa kurang memiliki perhatian/empati terhadap tamannya dsbnya,hal ini dapat menghambat proses pembelajaran. Metode penelitian yang dihunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan sumber data berdasarkan angket dan observasi. Hasil penellitian yang didapatkan adalah bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan perilaku pro sosial siswa SMAN I Dolopo, yang meliputi kemampuan untuk berinisiatif dalam memulai suatu hubungan interpersonal, kemampuan untuk membuka diri, kemampuan untuk bersikap asertif, kemampuan untuk memberikan dukungan emosional kepada individu lain dan, kemampuan mengelola dan mengatasi konflik.