Peran Tradisi Snap Mor dalam Pendidikan Kearifan Lokal di Papua: Perspektif Ilmu Sosial Kontemporer

Isi Artikel Utama

Rival Hanip
Andhika Wahyudiono
Rudolfus Ruma Bay

Abstrak

Kesenjangan dalam akses pendidikan yang layak bagi anak-anak Papua, di mana 40% dari mereka belum mendapatkan pendidikan yang memadai. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan pendidikan yang lebih kontekstual dan berakar pada budaya lokal untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi pendidikan dalam tradisi Snap Mor sebagai solusi untuk tantangan tersebut, serta untuk memperkuat identitas budaya dan karakter generasi muda. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif berbasis pustaka, dengan fokus pada analisis literatur yang relevan. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memahami fenomena sosial secara mendalam tanpa harus mengumpulkan data langsung dari lapangan. Melalui analisis dokumen, artikel, dan laporan penelitian terdahulu, peneliti dapat mengidentifikasi tema dan pola yang berkaitan dengan tradisi Snap Mor dan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Snap Mor memiliki nilai pendidikan yang signifikan dalam membentuk karakter dan identitas budaya. Keterlibatan generasi muda dalam praktik Snap Mor dapat meningkatkan kesadaran budaya dan memperkuat ikatan emosional mereka terhadap komunitas. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai Snap Mor dalam kurikulum pendidikan formal. Rekomendasi yang dihasilkan mencakup perlunya pelatihan bagi guru untuk memahami dan menyampaikan materi yang mengandung unsur lokal secara efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hanip, R., Wahyudiono, A., & Ruma Bay, R. (2025). Peran Tradisi Snap Mor dalam Pendidikan Kearifan Lokal di Papua: Perspektif Ilmu Sosial Kontemporer. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 9(2). https://doi.org/10.31537/ej.v9i2.2385
Bagian
Articles

Referensi

Abdul Aziz, N. A., Mohd Ariffin, N. F., Ismail, N. A., & Alias, A. (2023). Community participation in the importance of living heritage conservation and its relationships with the community-based education model towards creating a sustainable community in Melaka UNESCO World Heritage Site. Sustainability, 15(3), 1935. doi:10.3390/su15031935

Bahri, S., Naldi, A., al-Mujtahid, N. M., & Rambe, R. F. A. K. (2024). The intersection of religion and politics: A systematic literature review. Pharos Journal of Theology, (105(3)). doi:10.46222/pharosjot.105.323

Brown, N., Azzopardi, P. S., & Stanley, F. J. (2023). Aragung buraay: culture, identity and positive futures for Australian children: Dharawal language: aragung = shield for war, protection; buraay = child. The Medical Journal of Australia, 219 Suppl 10(S10), S35–S39. doi:10.5694/mja2.52139

D’Andrea, A., & D’Ulizia, A. (2023). Preserving local food traditions: A hybrid participatory approach for stimulating transgenerational dialogue. Societies (Basel, Switzerland), 13(4), 95. doi:10.3390/soc13040095

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2011). The Sage handbook of qualitative research. sage.

Ferdi Hasan, M., Monita, D., & Sukiman. (2024). Revitalisation of Rejang tribal local wisdom: integration of cultural values in the operational curriculum innovation of elementary schools in Rejang Lebong, Indonesia. Education 3-13, 1–18. doi:10.1080/03004279.2024.2318246

Gayoso Heredia, M., Sánchez-Guevara Sánchez, C., & Neila González, F. J. (2024). Integrating lived experience: Qualitative methods for addressing energy poverty. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 189(113917), 113917. doi:10.1016/j.rser.2023.113917

Guntoro, T. S., Putra, M. F. P., Nurhidayah, D., Sutoro, S., Sinaga, E., Sianga, F. S. G., & Nanda, F. A. (2023). The design of contextual domain tourism sports through traditional sports in jayapura indonesia. Retos Digital, 52, 164–170. doi:10.47197/retos.v52.101626

Im, D., Pyo, J., Lee, H., Jung, H., & Ock, M. (2023). Qualitative research in healthcare: Data analysis. Yebang Uihakhoe Chi [Journal of Preventive Medicine and Public Health], 56(2), 100–110. doi:10.3961/jpmph.22.471

Kelly, T., Bouman, T., Kemp, S., Wijngaarden, F., & Grace, R. C. (2023). Exploration of children’s value patterns in relation to environmental education programmes. Frontiers in Psychology, 14, 1264487. doi:10.3389/fpsyg.2023.1264487

Lestari, N., Paidi, P., & Suyanto, S. (2024). A systematic literature review about local wisdom and sustainability: Contribution and recommendation to science education. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 20(2), em2394. doi:10.29333/ejmste/14152

Morejón Calixto, S. E., Mayanza Paucar, O., Barcia Maridueña, A. M., & Vásquez Alvarado, E. (2024). Los juegos tradicionales como estrategia pedagógica para el fortalecimiento de valores culturales en la comunidad (Traditional games as a pedagogical strategy for the strengthening of cultural values in the community). Retos Digital, 57, 859–865. doi:10.47197/retos.v57.107996

Portus, R., Aarnio-Linnanvuori, E., Dillon, B., Fahy, F., Gopinath, D., Mansikka-Aho, A., … McEwen, L. (2024). Exploring the environmental value action gap in education research: a semi-systematic literature review. Environmental Education Research, 30(6), 833–863. doi:10.1080/13504622.2024.2314060

Pyo, J., Lee, W., Choi, E. Y., Jang, S. G., & Ock, M. (2023). Qualitative research in healthcare: Necessity and characteristics. Yebang Uihakhoe Chi [Journal of Preventive Medicine and Public Health], 56(1), 12–20. doi:10.3961/jpmph.22.451

Rachman, Y. B. (2024). Unveiling local community initiatives and participation in safeguarding cultural heritage through digital spaces. Library Hi Tech News, 41(7), 17–19. doi:10.1108/lhtn-07-2024-0127

Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing local wisdom within character education through ethnopedagogy apporach: A case study on a preschool in Yogyakarta. Heliyon, 10(10), e31370. doi:10.1016/j.heliyon.2024.e31370

Silva, M. A. da. (2023). Abordagens educacionais para uma arqueologia parente com comunidades tradicionais da RDS Amanã e da FLONA Tefé, Amazonas (Universidade de Sao Paulo, Agencia USP de Gestao da Informacao Academica (AGUIA)). doi:10.11606/t.71.2022.tde-17022023-153451

Suyato, S., Setyawan, H., Sukarti, S. E. E., Shidiq, A. A. P., Darmawan, A., Hb, G., … Tafuri, F. (2024). Article RETRACTED due to manipulation by the authors and citationsThe integration of social values in physical education and sport to develop teenage students’ character: a systematic review. Retos Digital, 58, 960–968. doi:10.47197/retos.v58.107763

Syukri, S., Amir, S. M., Fitriani, F., & Pane, S. (2024). Integration of Islamic values with environmental ethics in pesantren education: A case study at Darularafah Raya Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1–12. doi:10.14421/jpi.2024.131.1-12

Tootell, N., McGaw, J., Patten, U. H., & Vance, A. (2024). ‘Doing culture’ in contemporary south-eastern Australia: how Indigenous people are creating and maintaining strong cultural identities for improved health and wellbeing. BMC Public Health, 24(1), 1707. doi:10.1186/s12889-024-19146-w

Warwer, F. (2024). The role of Ondofolo to maintain religious harmony: A study in a Christian perspective. Verbum et Ecclesia, 45(1). doi:10.4102/ve.v45i1.3236