Analisis Pengaruh Keterampilan Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di Gugus 2 Kecamatan Panji

Isi Artikel Utama

Afif Amroellah
Putu Eka Suarmika

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif terhadap berpikir kritis siswa kelas v di gugus 2 kecamatan panji. Metode penelitian ini adalah korelasi spearman rho, dengan n menyatakan banyak pasang data, harga-harga rs bergerak mulai dari paling kecil – 1 sampai dengan paling besar + 1, ?  rs ? + 1. Harga + dicapai jika peringkat pasangan kedua variabel identik, sedangkan ­– 1 dicapai jika peringkat pasangan variabel bertentangan. Anggota populasi pada penelitian ini berjumlah 106  siswa. Berdasarkan penghitungan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kepercayaan 5% diperoleh sampel sebanyak  84  siswa. Rata rata untuk keterampilan metakognitif siswa sebesar 94,45 dengan standar deviasi 8,229. Sedangkan untuk berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki nilai rata-rata 49, 23 dengan standar deviasi 16,492. Hasil analisis korelasi spearman rho, menunjukkan nilai sebesar 0,004 pada taraf signifikan 5% yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognitif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di Gugus 2 Kecamatan Panji. Sedangkan tingkat hubungan yag terjadi antara keterampilan metakognitif dengan berpikir kritis, menunjukkan hubungan yang rendah dengan koefisisen korelasi sebesar 0,307.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amroellah, A., & Suarmika, P. E. (2019). Analisis Pengaruh Keterampilan Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di Gugus 2 Kecamatan Panji. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.31537/ej.v3i2.211
Bagian
Articles