Penggunaan Buku Komik Karya Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 3 SDN 2 Duwet Kecamatan Panarukan

Isi Artikel Utama

Aenor Rofek

Abstrak

Pendidikan IPA di kelas IV SDN I Duwet memiliki kendala yaitu aktivitas siswa yang menurun dan hasil belajar yang kurang sehingga diperlukan perbaikan yaitu dengan menggunakan metode eksperimen dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 4 di SDN 1 Duwet. hasil Pembelajaran siklus I siswa terlihat aktif dan senang mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen yang dapat dilihat dari hasil aktivitas siswa dari pra siklus hanya 40 % menjadi 60 %, pada kegiatan belajar siswa yang mulanya hanya 20 % yang mendapat nilai baik meningkat 60 % hal ini dikarenakan masih terdapat masalah dalam pemahaman tentang macam-macam gaya. Pada siklus II siswa sudah tampak lebih aktif, jika dibandingkan dengan siklus I sehingga untuk aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari 60 % menjadi 95 % sehingga aktivitas siswa tergolong sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa atau sebesar 80 % hal ini meningkat dari siklus I yakni 60 % menjadi 80 % hal tersebut terjadi kenaikan 20 % dari keseluruhan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen pada pada pokok bahasan macam-macam gaya dapat meningkatkan aktivitas dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan sehingga hasil belajar juga meningkat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rofek, A. (2019). Penggunaan Buku Komik Karya Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 3 SDN 2 Duwet Kecamatan Panarukan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(2), 59–72. https://doi.org/10.31537/ej.v3i2.207
Bagian
Articles