Implementasi Kegiatan Tangkap Bola untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak di RA Miftahul Hidayah
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di RA Miftahul Hidayah melalui permainan bola dan menangkap.Keterampilan motorik kasar merupakan aspek penting dalam perkembangan anak dan mencakup keterampilan fisik dasar seperti koordinasi tangan-mata, keseimbangan, dan kekuatan fisik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melakukan kegiatan menangkap bola, kemampuan motorik kasar anak meningkat secara signifikan, dan tingkat keberhasilan pada siklus II mencapai 75%.Meskipun hasil ini menunjukkan bahwa menangkap bola merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar anak, namun masih terdapat tantangan, antara lain: B.Perbedaan kemampuan awal anak dan perlunya penyesuaian metode pengajaran.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Feldman, R. (2015). Sensitive periods in human social development: New insights from research on oxytocin, synchrony, and high-risk parenting. Development and Psychopathology, 27(2), 369–395. https://doi.org/10.1017/S0954579415000048
Samodra, Y. T. J., Suryadi, D., Wati, I. D. P., Supriatna, E., Santika, I. G. P. N. A., Suganda, M. A., & Dewi, P. C. P. (2023). Analysis of gross motoric analysis of elementary school students: A comparative study of students in hill and coastal areas. Pedagogy of Physical Culture and Sports, 27(2), 139–145. https://doi.org/10.15561/26649837.2023.0206
Suryadi, D., Nasrulloh, A., Yanti, N., Ramli, Fauzan, L. A., Kushartanti, B. M. W., Sumaryanti, Suhartini, B., Budayati, E. S., Arovah, N. I., Mashud, Suganda, M. A., Sumaryanto, Sutapa, P., bin Abdullah, N. M., & Fauziah, E. (2024). Stimulation of motor skills through game models in early childhood and elementary school students: systematic review in Indonesia. Retos, 51, 1255–1261. https://doi.org/10.47197/RETOS.V51.101743