Implementasi Kegiatan Tangkap Bola untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak di RA Miftahul Hidayah

Isi Artikel Utama

Nurhafit Kurniawan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di RA Miftahul Hidayah melalui permainan bola dan menangkap.Keterampilan motorik kasar merupakan aspek penting dalam perkembangan anak dan mencakup keterampilan fisik dasar seperti koordinasi tangan-mata, keseimbangan, dan kekuatan fisik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melakukan kegiatan menangkap bola, kemampuan motorik kasar anak meningkat secara signifikan, dan tingkat keberhasilan  pada siklus II mencapai 75%.Meskipun hasil ini menunjukkan bahwa  menangkap bola merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar anak, namun masih terdapat tantangan, antara lain: B.Perbedaan kemampuan awal  anak dan perlunya penyesuaian metode pengajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kurniawan, N. . (2024). Implementasi Kegiatan Tangkap Bola untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak di RA Miftahul Hidayah. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(2), 476–482. https://doi.org/10.31537/ej.v8i2.1957
Bagian
Articles

Referensi

Feldman, R. (2015). Sensitive periods in human social development: New insights from research on oxytocin, synchrony, and high-risk parenting. Development and Psychopathology, 27(2), 369–395. https://doi.org/10.1017/S0954579415000048

Samodra, Y. T. J., Suryadi, D., Wati, I. D. P., Supriatna, E., Santika, I. G. P. N. A., Suganda, M. A., & Dewi, P. C. P. (2023). Analysis of gross motoric analysis of elementary school students: A comparative study of students in hill and coastal areas. Pedagogy of Physical Culture and Sports, 27(2), 139–145. https://doi.org/10.15561/26649837.2023.0206

Suryadi, D., Nasrulloh, A., Yanti, N., Ramli, Fauzan, L. A., Kushartanti, B. M. W., Sumaryanti, Suhartini, B., Budayati, E. S., Arovah, N. I., Mashud, Suganda, M. A., Sumaryanto, Sutapa, P., bin Abdullah, N. M., & Fauziah, E. (2024). Stimulation of motor skills through game models in early childhood and elementary school students: systematic review in Indonesia. Retos, 51, 1255–1261. https://doi.org/10.47197/RETOS.V51.101743