Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlatar belakang masih rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Tujuan PTK ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi polinomial suku banyak. Dengan menerapkan Model Problem Based Learning dengan bantuan Media interaktif wordwall dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian yang dilaksanakan dalam empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil dari hasil belajar peserta didik kelas XI Biosfer SMA Negeri 2 Medan. Metode menggunakan observasi dan tes Menunjukkan presentase ketuntasan sebelum dan setelah penerapan pendekatan tersebut, yaitu dari 36,1% pada tahap pra-siklus, naik menjadi 58% pada siklus II. Selain itu, indikator keberhasilan penelitian juga tercapai, yang meliputi nilai rata-rata peserta didik mencapai KKM. Peningkatan partisifasi aktif peserta didik, serta pencapaian persentase ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik minimal 75.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Eriska, D., Aprianti, F., Nurkholis, & Rahayu, S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Education Games Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sdn Majalengka Wetan Vii. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1876–1891. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.877
Febriani, D., Pratomo, S., & Nuraeni, F. (2021). Pengembangan Instrumen Skala Sikap Minat Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD, 670–681.
Fitri, A., Saleh, M., Rahman, A., Hamdanah, & Usman. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 32-41. http://dx.doi.org/10.30651/else.v7i1.21353
Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan metode snowball throwing pada siswa kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(2), 179-188.
Larasati, S., Mandasari, N., & Hajani, T. J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 49–59. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.411
Octaviana, A., Marlina, D., & Kusumawati, N. (2023). Implementasi model Problem Based Learnng (PBL) berbantuan media wordwall. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 178–182.
Rahmah, R., Alimin, & Muthmainnah, A. (2023). Implementasi Games Wordwall (Wordsearch) dalam Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(20), 473–478.
Rohmah, A. M., & Sulianto, J. (2024). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR. November 2023, 3080–3085.