Penerapan PJBL Berbantu METASIA (Media Peta Indonesia) untuk Meningkatkan Literasi Siswa pada Materi IPAS Kelas 5 SD Bukit Aksara
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Project Based Learning berbantu METASIA (Media Peta Indonesia) untuk meningkatkan literasi siswa pada materi IPAS kelas 5 SD Bukit Aksara. Penelitian ini juga diharapkan mampu membuka cakrawala pengetahuan tentang pentingnya inovasi pembelajaran dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin hari semakin mengalami perubahan. Oleh karena itu penelitian ini akan mendeskripsikan tentang penerapan PjBl berbantu METASIA (Media Peta Indonesia) untuk meningkatkan literasi siswa pada materi IPAS kelas 5 SD Bukit Aksara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Peneliti menganalisis penerapan PJBL berbantu METASIA (Media Peta Indonesia) untuk meningkatkan literasi siswa pada materi IPAS kelas 5 SD Bukit Aksara. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Bukit Aksara. Instrument dalam penelitian ini yang digunakan untuk membantu peneliti mengumpulkan sebuah data yaitu menggunakan lembar angket minat literasi dan dokumentasi, yaitu data yang dihasilkan langsung oleh peneliti melalui angket minat literasi siswa kelas V SD Bukit Aksara saat pembelajaran menggunakan model PjBl dengan berbantu METASIA (Media Peta Indonesia).
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Akbar, F., & Arsad Bahri. (2017). Potensi Model PjBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Gaya Belajar Berbeda. Jurnal Sainsmart, 6(1), 95–106.
Almiasih, S., & Winarto, W. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Pjbl Berbasis Stem-Nos Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Negeri Kalierang 01. Jurnal Dialektika Jurusan Pgsd, 12(2). http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/1229%0Ahttp://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/download/1229/831
Andi Amelia, Nurlina, & A. Muafiah Nur. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa di kelas V SD Paccinongan Unggulan Kab. Gowa. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 281–286. https://doi.org/10.58738/compass.v1i2.395
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236
Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12308
Candin, A. D., & Kristiantari, M. G. R. (2023). Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbahasa Indonesia Pada Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 408–415. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63157
Fauziah, C., Nuvitalia, D., & Saptaningrum, E. (2018). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 125–132. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3170
Iin Wariin Basyari, Iis Yeni Sugiarti, & Nurul Ikhsan Karimah. (2022). Daur Ulang Limbah Kertas Menjadi Media Pembelajaran Literasi Peta pada KKG SD Kota Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.149
Muhimmatin, Ii. (2014). Penerapan Tugas Peta Konsep Dalam Project-Based Umm Di Mata Kuliah Sumber Belajar Dan Media. Jurnal UNEJ, 30–38.
Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103
Sa’adah, I. L., & Pertiwi, F. N. (2022). Pengaruh Model PjBL Berbasis Literasi Ilmiah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i1.464
Sakti, H. G. (2022). Pelatihan Penggunaan Peta Berbentuk Animasi Berbentuk Animasi Terhdap Guru Madrasah MTs Lepak. Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 3(1), 16–22. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/718
Sulaiman, S., Putri, S. D., & Siffa, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Replika Peta Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i1.323
Tria Lestari, Andi Ali Kisai, & Nurkholis. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Pada Hasil Belajar. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 100–112. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.2954