Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik dengan Pendekatan TaRL Pembelajaran IPAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mendeskripsikan secara deskriptif kemampuan literasi sains siswa SD kelas 5 SD Bukit Aksara, Kota Semarang. Penelitian dilakukan pada semester genap Tahun Akademik 2023/2024 bersamaan dengan PPL 1 PPG Prajabatan yang dilaksanakan pada bulan Maret s.d. Mei 2024. Penelitian dilakukan pada seluruh siswa kelas 5A di SD Bukit Aksara Kota Semarang yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan menggunakan kuesioner keterampilan proses sains. Penggunaan Pendekatan Teaching at Right Level (TaRL) terhadap pembelajaran IPAS efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki sikap positif terhadap sains, penilaian yang baik terhadap pendekatan ilmiah, dan kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan. Dari data angket kemampuan literasi sains bahwa peserta didik kelas 5A SD Bukit Aksara mempunyai tingkat kemampuan literasi sains dengan rata-rata keseluruhan 75% dengan kategori baik.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Asif, M., Fauzi, N., Suryadi, T., Fatkhullah, F. K., Saefurridjal, A., Kholil, S. S., Pasuruan, S., Maritim, A., & Jakarta, P. (2023). Sosiologis dalam Strategic Planning Pendidikan. Foundasia, 14(1), 55–68.
Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638–6645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336
Fauziah, R. F., & Masyithoh, S. (2023). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Tadzkirah?: Jurnal Pendidikan Dasar, 37–49. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v6i1.207
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580
Ilsadiati, Mislinawati, & Tursinawati. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 27–35.
Kuryani, T., & Lestari, H. (2023). Mata Kuliah PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMEN II (Cetakan II). Direktorat Pendidikan Profesi GuruDirektorat Jenderal Guru dan Tenaga KependidikanKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran (1 ed.). CV IRDH.
Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 02(4), 2022.
Pratiwi, R. S., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 165–178. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p165-178
Puspa Cahya, D., Yektyastuti, R., & Mawardini, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science, 3, 322–331.
Rosida, A. F., & Nuvitalia, D. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 7954–7963. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1992
Saptaningrum, E., Nuvitalia, D., Kurniawan, A. F., & Putri, N. E. (2023). Profil Penguasaan Literasi Sains Berdasarkan Kerangka PISA (Programme for International Student Assessment) Pada Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang Tahun 2022. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 240–250. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.15482
Sovia, D. A., Cicilia, Y., & Vebrianto, R. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Pada Pendekatan Scientific terhadap Literasi Sains dan Self Efficacy Peserta Didik SDN 193 Pekanbaru. Instructional Development Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.9523
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan?: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Sulistianingsih, & Wismanto, A. (2024). Efektivitas Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Di Sma. Jurnal Bastara, 9(3), 664–675. https://doi.org/10.36709/bastra.v9i3.544
Sutrisna, N. (2021). Mixed Method Writing. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).
Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. 257–268.
Zulfa*, L. N., & Haryanto, H. (2021). Pengaruh Media Macromedia Flash Terhadap Literasi Sains dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266