Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Sistia Ningrum
Choirul Huda
Joko Heri Susanto
Qoriati Musyafanah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan melaksanakan pembelajaran berdifrensiasi berdasarkan gaya belajar peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai langkah memenuhi kebutuhan gaya belajar peserta didik yang beragam di dalam kelas. Penelitian deskriptif kualitatif dengan metode Triangulasi digunakan pada penelitian ini. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan utuk memberikan gambaran tentang keadaan dilokasi penelitian sehingga orang dapat melihat dan memahami lingkungan penelitian. Sejumlah 28 peserta didik kelas V B SD N Palebon 01 dijadikan subyek penelitian ini. Untuk sumber pengumpulan data yaitu didasarkan pada wawancara, observasi, serta angket gaya belajar. Berdasarkan angket gaya belajar kelas V B diketahui bahwa terdapat 36% peserta didik kelas V B yang memiliki gaya belajar adiotori serta 32% peserta didik dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Model pembelajaran Problem Based Learning mencakup lima sintak yaitu, Orientasi masalah, pengorganisasian peserta didik, membimbing penyelidikan individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dalam proses pembelajaran berdifrensiasi berdasarkan gaya belajar dengan model problem based learning didapatkan hasil bahwa pada proses pembelajaran ada antusiasme yang baik. Kegiatan yang berbeda untuk peserta didik pada masing-masing kelompok gaya belajar ditujukan untuk upaya pemenuhan terhadap keberagaman kebutuhan belajar peserta didik. Peserta didik diajarkan belajar melalui cara yang sesuai gaya belajarnya, sehingga memungkinkan mengeksplorasi materi yang dipelajarinya dengan caranya sendiri dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Dari hasil penelitian dan pembahasan yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning untuk pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar pada kelas V B SD Negeri Palebon 01 dalam upaya pemenuhan keberagaman kebutuhan siswa bisa bedampak positif terhadap pembelajaran peserta didik. Melalui berbagai kegiatan belajar mengajar yang disesuaikan dengan kompetensi masing-masing peserta diidk, peserta didik tampak antusias dalam belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ningrum, S. ., Huda, C. ., Susanto, J. H. ., & Musyafanah, Q. . (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(2), 334–344. https://doi.org/10.31537/ej.v8i2.1931
Bagian
Articles

Referensi

Adawiyah, R., Agustini, F., & Sari, ratna nina. (n.d.). Implementasi Pendekatan Tarl

Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Siswa Sd Kelas II. 6, 312–324.

Dewi, S. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas 5a SD N Karanganyar Gunung 02 Semarang. Innovative, 3, 9763–9773. http://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/1548

Fauzi, R., Usman, A., Hayati, N. N., & Nasihudin, M. D. (2023). Pengelompokan Gaya Belajar Secara Homogen dalam Mendukung Pembelajaran Diferensiasi Proses Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.77

Huda, C., & Ulfa, M. F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 SD 2 Burikan Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 3(2), 154–165.

Kholifah, M., Huda, C., Subekti, ervina eka, & Nafiah, U. (2023). Analisis Implementasi Model Problem Based Learning. 5(20), 3129–3134.

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021).

Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Latifah, dewi nikmatul. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. 3(1), 68–75.

Marwah, S. S., Syafe, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. TARBAWY, 5(1), 14–26

Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru. 8(2), 282–287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543

Nurlatifah, A., Munandar, K., & Jember, M. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Peserta Didik Berdasarkan. 3, 1–7.

Pramudianti, M., Huda, C., Kusumaningsih, W., & Wati, C. E. (2023). Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1315–1312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4978

Sari, A., Miyono, N., & Rahayu, L. P. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik untuk Mengaplikasikan Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas 1 SD Supriyadi 02 Semarang. Innovative, 4(2), 2778–2788.

Sari, S. W., Untari, M. F. A., Haryati, T., & Saputro, S. A. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V untuk Menentukan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 N, 2021–2024.

Trihapsari, R. A., Huda, C., & Kuse. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd Tambakrejo 01 Semarang. Didaktik , 9(2), 5172– 5180. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1306