Analisis Product Life Cycle (PLC) Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada Produk Bumbu Barokah Jember
Isi Artikel Utama
Abstrak
Persaingan yang cukup tinggi dengan produk yang sama sangat sulit dalam meningkatkan penjualan. Dalam menghadapi persaingan pangsa pasar yang sangat ketat dibutuhkan strategi yang tepat guna mempertahankan tingkat penjualan dan mampu mengusai pangsa pasar yang ada. Dalam penelitian ini, peneliti menganalsis posisi bumbu barokah menggunakan Product Life Cycle (PLC) untuk menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan. Hasil penelitian analisis Product Life Cycle menunjukkan posisi bumbu barokah terlentak di posisi pertumbuhan.Strategi pemasaran yang diditerapkan untuk bumbu barokah memperluas pemasaran produk sehingga produk dikenal banyak konsumen sekaligus perluasan pangsa pasar. Dalam menghadapi persaingan yang begitu ketat yang memiliki produk yang sama, bumbu barokah terus meningkatkan kualitas bumbunya serta mampu berinovasi serta menciptakan bumbu yang khas yang mampu membedakan dengan bumbu pesaingnya. Strategi pemasaran dengan membidik dari segi harga yang terjangkau.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Basu Swastha DH. Dan Irawan, 1990, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua Cetakan Keempat, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Kotler Philip, 1995, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Ahli Bahasa, Drs.Jaka Wasana,Msm., Penerbit Erlangga, Jakarta.
M. Nazir, 1998, Metode Penelitian, Cetakan Keempat, Penerbit Ghalia, Jakarta.