Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk UMKM Minuman Herbal “BIYENG”
Isi Artikel Utama
Abstrak
Minuman Herbal Biyeng merupakan merek produk UMKM yang banyak diminati masyarakat dan sudah beredar di Kabupaten Banyuwangi. Sejak awal peluncuran produk hingga saat ini pemasaran Miuman Herbal Biyeng tetap stabil dan produksi semakin meningkat dikalangan masyarakat Banyuwangi. Peningkatan produksi dalam satu minggu mencapai 500 botol yang awalnya hanya memproduksi 30-80 botol perminggunya. Strategi pemasaran yang digunakan Minuman Herbal Biyeng mampu menghadapi persaingan dengan produk sejenis. Pemasaran produk Minuman Herbal Biyeng ini beredar ditengah maraknya minuman kekinian. Inovasi yang tercipta dari adanya Minuman Herbal Biyeng membuat minuman herbal tidak lagi sebagai minuman yang dikesampingkan sebagai minuman yang kurang diminati oleh masyarakat. Penelitian ini berfokus untuk menganalisis strategi pemasaran Minuman Herbal Biyeng. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan pada Minuman Herbal Biyeng. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan segmen minuman herbal Biyeng adalah segmentasi berdasarkan demografis dan manfaat produk. Target pasar yaitu para penikmat minuman herbal dan konsumen yang lebih mengutamakan manfaat produk pada rentang usia remaja hingga dewasa. Positioning-nya yaitu terletak pada penonjolan karakteristik produk, harga dan mutu produk. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Meskipun terdapat beberapa kendala pada proses produksi dan pemasaran, tetapi Minuman Herbal Biyeng mampu menemukan solusi alternatifnya. Mempertahankan kualitas produk, konsisten menginformasikan pengadaan produk dan menjaga silaturahmi menjadi cara dalam mempertahankan daya minat beli pada konsumen.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Etika, M. N. (2021, November). 7 Manfaat Rempah bagi Tubuh dan Jenisnya. Hello Sehat. Diakses tanggal 06 Juni 2024, dari https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-rempah-rempah-untuk-kesehatan/
Farida, M., et.al (2024). STIKES Assyifa Aceh: Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal di Gampong Meunasah Mesjid Lamlhom, Lhoknga, Aceh Besar. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4 (1).199.
Fawzi, M. G. (2021). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Fikriansyah, I. (2022). Apa itu UMKM ? Kenali ciri, keunggulan, dan contohnya. Detik.com. Diakses tanggal 06 Juni 2024, dari https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6190422/apa-itu-umkm-kenali-ciri-keunggulan-dan-contohnya/amp
Fuady, Z. (2019). Pengaruh Kualitas Jasa dan Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen Capture Studio Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 6 (2)
Larasati, B. D. (2021). Tentang Pengawet Makanan, Tujuan, Teknik, Cara dan Penggunaan Bahan Kimia. Diakses tanggal 06 Juni 2024. https://www.diadona.id/food/tentang-pengawetan-makanan-tujuan-teknik-cara-dan-penggunaan-bahan-kimia-210126t.html
Makarim, R. F. (2021). Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Minuman Herbal Bagi Kesehatan. Halodoc. Diakses tanggal 06 Juni 2024, dari https://www.halodoc.com/artikel/jarang-diketahui-ini-7-manfaat-minuman-herbal-bagi-kesehatan
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, UPN “Veteran” Yogyakarta Press.
Pahira & Rinaldy. (2023). Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. 03 (03). 810-817.
Rahmawati, F. (2022). Pengawet Makanan dan Permasalahannya. Diakses tanggal 06 Juni 2024 https://adoc.pub/pengawetan-makanan-dan-permasalahannya.html
Saleh, M. Y. & Said, M. (2019). Konsep & Strategi Pemasaran. Makasar: CV.Sah Media.
Septiawan, D. (2021). Menurut Peneliti Jepang, Air Yang Dibacakan Sebuah Doa Atau Kata-Kata Baik Molekulnya Akan Berubah. Pikiran Rakyat Media Network. Diakses tanggal 06 Juni 2024 https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1TdmHXmFm94AASBnLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzQEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1717686024/RO=10/RU=https%3a%2f%2fkabarbesuki.pikiran-rakyat.com%2fkhazanah%2fpr-191747443%2fmenurut-peneliti-jepang-air-yang-dibacakan-sebuah-doa-atau-kata-kata-baik-molekulnya-akan-berubah%3fpage%3dall/RK=2/RS=tjt7D7dph8rloZPuBbor3uLZlOE-
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 9 (2). 956.