Penerapan Pendekatan Andragogi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode UMMI Kelas Dewasa di Madrasah Diniyah Al-Furqan Jember

Isi Artikel Utama

Ika Romika Mawaddati
Mukhtar Zaini Dahlan

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan andragogi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an metode Ummi untuk  usia dewasa di Madrasah Diniyah Al-Furqan Jember. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi lapangan dengan analisis data tekhnik miles & huberman. Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi untuk usia dewasa di Madin Al-Furqan menerapkan pendekatan andragogi, dengan pengelolaan kelas sesuai 7 tahapan yang dirumuskan Ummi Foundation; pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, ketrampilan,  evaluasi dan penutup. Penerapan pendekatan andragogi   ditemui dalam beberapa hal ;  1,Dalam menentukan kelompok belajar diawali dengan placementest, untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik, 2 Rasio guru dan murid tidak selalu 1 : 15, namun disesuaikan dengan usia dan kemampuan  peserta didik. 3 di tahapan apersepsi, lebih fleksibel untuk menambah hafalan. 4  Memberikan penawaran untuk mengikuti munaqosah atau ujian akhir. 5 disediakan kelas belajar yang bervariasi. Pendekatan andragogi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan humanis bagi usia dewasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mawaddati, I. R. ., & Dahlan, M. Z. . (2024). Penerapan Pendekatan Andragogi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode UMMI Kelas Dewasa di Madrasah Diniyah Al-Furqan Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(2), 308–323. https://doi.org/10.31537/ej.v8i2.1922
Bagian
Articles

Referensi

Almaidah, Nur. 2020. Implementasi Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Lansia Masjid Nurul Huda Sambirejo Wonosalam Jombang. Rabbani : Jurnal Pendidikan Agama Islam.Vol 1.No 2 hal 161.

Djaali, 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Febriana,Rina. 2019. Kompetensi Guru, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar & Mengajar ; Membantu guru dalam perencanaan pengajaran, penilaian perilaku, dan memberi kemudahan kepada siswa dalam belajar. Bandung; Sinar Baru Algensindo.

“Muslim Indonesia terbanyak di Dunia 70 persen belum bisa baca Al-Qur’an”. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1083577. Diakses tanggal 25/06/23

Ngalimun. 2021. Pengantar Ilmu Pendidikan; Sebuah Tinjauan Sistematis bagi Pengembangan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Rahmat, Pupu Saeful. 2020. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmat, Pupu Saeful. 2019. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Bumi Aksara.

Shofihara, Inang Jalaludin.2022. Mengenal pendekatan andragogi seni belajar untuk orang dewasa.https://edukasi.kompas.com/read/2022/12/30/111459271. Diakses pada 29/06/23

Wahyudin, Erta. 2017. Manajemen Pemberdayaan Sekolah; Mengembangkan Sekolah Unggulan dengan Kemandirian. Malang;Madani.