Penerapan Pendekatan Andragogi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode UMMI Kelas Dewasa di Madrasah Diniyah Al-Furqan Jember
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan andragogi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an metode Ummi untuk usia dewasa di Madrasah Diniyah Al-Furqan Jember. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi lapangan dengan analisis data tekhnik miles & huberman. Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi untuk usia dewasa di Madin Al-Furqan menerapkan pendekatan andragogi, dengan pengelolaan kelas sesuai 7 tahapan yang dirumuskan Ummi Foundation; pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, ketrampilan, evaluasi dan penutup. Penerapan pendekatan andragogi ditemui dalam beberapa hal ; 1,Dalam menentukan kelompok belajar diawali dengan placementest, untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik, 2 Rasio guru dan murid tidak selalu 1 : 15, namun disesuaikan dengan usia dan kemampuan peserta didik. 3 di tahapan apersepsi, lebih fleksibel untuk menambah hafalan. 4 Memberikan penawaran untuk mengikuti munaqosah atau ujian akhir. 5 disediakan kelas belajar yang bervariasi. Pendekatan andragogi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan humanis bagi usia dewasa.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Almaidah, Nur. 2020. Implementasi Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Lansia Masjid Nurul Huda Sambirejo Wonosalam Jombang. Rabbani : Jurnal Pendidikan Agama Islam.Vol 1.No 2 hal 161.
Djaali, 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Febriana,Rina. 2019. Kompetensi Guru, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar & Mengajar ; Membantu guru dalam perencanaan pengajaran, penilaian perilaku, dan memberi kemudahan kepada siswa dalam belajar. Bandung; Sinar Baru Algensindo.
“Muslim Indonesia terbanyak di Dunia 70 persen belum bisa baca Al-Qur’an”. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1083577. Diakses tanggal 25/06/23
Ngalimun. 2021. Pengantar Ilmu Pendidikan; Sebuah Tinjauan Sistematis bagi Pengembangan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Rahmat, Pupu Saeful. 2020. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmat, Pupu Saeful. 2019. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Bumi Aksara.
Shofihara, Inang Jalaludin.2022. Mengenal pendekatan andragogi seni belajar untuk orang dewasa.https://edukasi.kompas.com/read/2022/12/30/111459271. Diakses pada 29/06/23
Wahyudin, Erta. 2017. Manajemen Pemberdayaan Sekolah; Mengembangkan Sekolah Unggulan dengan Kemandirian. Malang;Madani.