Upaya Menjadi Wirausaha Mandiri Pada Mahasiswa Disabilitas Melalui Pendampingan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Universitas PGRI Argopuro Jember merupakan perguruan tinggi dengan visi perguruan Tinggi Bermutu dan Berdaya Saing Nasional Berbasis IPTEK dalam bidang Kearifan Lokal, Entreprenuer dan Disabilitas di tahun 2030. Pusat Studi dan Layanan Disabilitas UNIPAR Jember memberikan pendampingan kepada siswa difabel sebagai bukti lingkungan pendidikan inklusif. Dengan mendampingi mahasiswa disabilitas, mereka lebih berani memulai bisnis mereka sendiri, yang membantu mereka memiliki modal manusia yang cukup setelah lulus sekolah. Jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa pendampingan berjalan dengan baik dan pememnuhan target sesuai dengan Langkah-langkah kegiatan pendampingan yang telah di tetapkan. Peserta telah memiliki planning wirausaha yang akan segera ditindak lanjuti. Secara manajemen sistem usaha telah disiapkan dalam bentuk petunjuk program kerja yang dapat dijadikan acuan selama jalannya usaha.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Dani, S. R., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., & Raden, N. (2024). Akses layanan pendidikan untuk gifted and talented children.
Jannah, M., & Sihkabuden, S. (2018). Implementasi model pendampingan mahasiswa difabel oleh pusat studi dan layanan sisabilitas (PSDL) Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Ortopedagogia, 3(1), 45–50. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/4970
Maryati, Darna, N., & Muhidin, A. (2020). PENGARUH CITRA PERUSAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASN KONSUMEN. Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(2), 104–115.
Michael Page, I. (2022). IMPLEMENTASI BIMBINGAN PERILAKU PROSOSIAL MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE PLAY DI TK ALAM LAMPUNG.
Nurcahyadi, D. (2024). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ) PERMASALAHAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM RANGAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TB2 SM Dosen?: Dr . Yanto Ramli , MM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ) PERMASALAHAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM RANGA (Issue May).
Putri, M. A., & Efendi, J. (2018). Pelaksanaan Tahfizd Al-Qur’an Bagi Anak Tunanetra Di Sekolah Berasrama Di SLB A Payakumbu. 6, 314–319.
Qiftiyah, M., & Calista, W. (2021). Shadow Teacher for Special Needs Students: Case Study Class Vi Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 26–35. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.26273
Rafadinata, sikri orilian. (2023). strategi dakwah KUA kecamatan mataram baru dalam pembinaan mualaf di kecamatan mataram baru kabupaten lampung timur.
Seprinawati., & Efendi, J. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 154–159.
Syafi’ie, M. (2014). Pemenuhan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Inklusi, Vol.1, No. 2 Juli–Desember 2014,
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Do- kumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indone- sia. (Online), (http://www.jdih.bpk.go.id), diakses 5 November 2022.
Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Undang-Undang RI No. 19 Tahun 2011 tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indone- sia. (Online), (http://www.jdih.bpk.go.id), diakses 5 November 2022.
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Zufri, O. R. (2014) Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) di Kabupaten Jombang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jember: Unej.