Pengembangan Media Video Animasi MAMAPRO untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Kelompok B TK Bhakti Rahayu Jember

Isi Artikel Utama

Ismi Maulina Anggiyanti
Pascalian Hadi Pradana
Hariyanto Hariyanto

Abstrak

 


Media pembelajaran harus dikemas dengan cara yang menarik dan disesuaikan dengan karakteristik anak. Pembelajaran tema pekerjaan untuk dilakukan melalui metode pengamatan secara langsung seperti outing class ke pemadam kebakaran, karya wisata ke stasiun, melakukan outing class dokter cilik dan sebagainya di TK Bhakti Rahayu tentunya memerlukan pembiayaan yang cukup besar. Maka dari itu diperlukan sebuah kegiatan serupa yang dapat menciptakan suasana belajar anak menjadi menyenangkan. Salah satu media pembelajaran yang menarik dan dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran tema pekerjaan pada anak usia 5-6 tahun adalah media video. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian pengembangan atau R&D. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B. Desain/model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE dimana terdiri dari 4 komponen yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi),dan evaluation (evaluasi).Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari hasil validasi medianya dengan nilai 94,2 % dan validasi bahasa 95 % sangat layak digunakan untuk pembelajaran sub tema macam-macam profesi pada kelompok B.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anggiyanti, I. M. ., Pradana, P. H. ., & Hariyanto, H. (2024). Pengembangan Media Video Animasi MAMAPRO untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Kelompok B TK Bhakti Rahayu Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 219–232. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1688
Bagian
Articles

Referensi

Aminah, S. (2019).” Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosa Kata Pada Anak Usia 4-5 Tahun”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Arsyad,A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Apriansyah, R.M. K.A. Sabowo dan A. Maulana .(2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil .9(1):8-18

Benny,A. P. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer

Creswell, J. W. (2014). Research Design : Pendekatan Kualitatif Kualitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, I. ketut A. (2005). Evaluasi Media Pembelajaran.Teknologi Pendidikan Unesa.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Resmaja Rosdakarya

Friwahyuni, D. (2022). “Pengembangan Media Ular Tangga Edukatif Dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Skripsi. Jember :Universitas PGRI Argopuro Jember

Hamzah, A. (2019). Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Malang: CV Litensi Nusantara Abadi

Haryani, S dan V.M. Sari. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2): 4365–4572

Ivina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Bangun Datar Kelas Iv Sd Negeri 104 Pekanbaru. Pekanbaru: Journal of Elemantary School (JOES)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Mumaziyah. (2019). “Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Eksperimen Pada Taman Kanak-Kanak Kemala Sukarame Bandar Lampung”. Skripsi. Lampung : Repository Radenintan

Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Putri, E.S. (2022).” Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Satu Atap Pondok Kubang Bengkulu Tengah”. Skripsi. Bengkulu: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Puspita. (2017). Efktivitas Penggunaan Media Video Animasi Dalam Proses Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan. Jurnal UIN Jakarta.

Reiser, Robert A., dan Dempsey, John V.(2012). Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New York: Pearson.

Riyana ,E. Y. Solfiah dan D. Chairilsyah. (2020). Pengembangan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Konsep Pola Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.3(2) : 225

Romadhon, R.H.F. (2017). “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran “Salut : Sadar Lalu Lintas” Pada Subtema Transportasi Untuk Anak Kelompok B TK Marsudi Siwi Sawit”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Sanaky, H. A.H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara

Siregar, H. (2017).” Penggunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 5-6 “. Skripsi. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Smith, M.K. (2010). Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka

Suardi, M.I. (2018). “Pengembangan Media Ajar berbasis Macromedia Flash Pada Materi Tata Surya Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura”. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian.Bandung: CV Alfabeta

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suryani, N. I.A. Setiawan dan A. Putria.(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangnnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Setyosari, P.(2013).Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Wulandari, E. (2018).” Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Book Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Smp Kelas Viii “. Skripsi. Jember : Universitas Negeri Jember