Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Bagorejo 03 Jember
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan serta mengembangkan suatu produk serta menguji efektivitas produk tersebut. Tujuan Penelitian Pengembangan adalah: 1) Bagaimana prosedur pengembangan pembelajaran interaktif berbasis Media Flashcard untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas V di SD N Bagorejo 03 Jember? Responden penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N Bagorejo dengan jumlah 15 peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini antara lain: 1) Media flashcard yang dikembangkan merupakan media berupa kartu yang berisi materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. Media flashcard dikembangkan dengan menggunakan Microsoft Publiser 2016. 2) Media flashcard yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SD. Hasil penilaian dari ahli materi menunjukan bahwa media yang dikembangkan masuk kriteria sangat layak dengan penilaian sebesar 87,5%. Sedangkan pada ahli media diperoleh penilaian sebesar 77,5% termasuk kriteria layak digunakan dalam pembelajaran. 3) Media flashcard yang dikembangkan efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas V SD N Bagorejo 03 Jember terbukti dari hasil uji t-test yang memperoleh hasil pre-test mendapat rata-rata nilia 60,33. Sedangkan hasil post-test mendapat rata-rata nilai 91.66 artinya terdapat berbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media flashcard, selain itu terdapat peningkatan rata-rata sebesar 86% termasuk kriteria tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa media flashcard efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya karena terdapat peningkatan hasil belajar siswa.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Agung, A., Arsana, P., & Maharani, P. (2021). the Use of Flashcard in English Vocabulary Learning. JOSELT (Journal on Studies in English Language Teaching), 2(2), 25–33.
Akbar, M. R. (2022). Media Pembelajaran-Media Grafis (Issue May).
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Use of Flash Card Media to Improve Elementary Schools ’ Student Learning Outcomes Budi Febriyanto , Ari Yanto. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.
Kasihani E. Suyanto, M.A., P. (2010). Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: kebijakan, implementasi, dan kenyataan. c, 2–6.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.
Stefani, F. D., & Samsiyah, N. (2021). Penerapan media pembelajaran flashcard mengenal kata untuk anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(2), 103–107. https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.2973
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabet.
Ucu, N. L., Paturusi, S. D. E., & Sompie, S. R. U. A. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20196
Wati, I. K., & Oka, I. . (2021). Penggunaan Flash Card dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 41–49. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39081