Analisis Pembelajaran Extensive Reading Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah di Pasuruan

Isi Artikel Utama

Ninuk Indrayani
Khoiriyah Khoiriyah

Abstrak

Pengajaran Bahasa Inggris di era new normal menuntut guru mata pelajaran bahasa Inggris (EFL) untuk memiliki pemahaman dan keterampilan yang baik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis teknologi khususnya membaca (Reading) secara ekstensif untuk mendorong pembelajaran membaca. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman guru bahasa Inggris dalam mengajar membaca ekstensif (Extensive Reading) dan penggunaan teknologi di masa new normal. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan dua guru bahasa Inggris dari dua Madrasah Tsanawiyah di Pasuruan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kedua guru tersebut tidak dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang bagaimana menggunakan media pembelajaran berteknologi secara tepat untuk menyampaikan materi meskipun mereka harus mampu membuat materi berbasis teknologi dalam pelajaran Extensive Reading. Namun demikian, mereka berusaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran dalam pengajaran Extensive Reading untuk menghadapi dunia global. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan membaca dan pembelajaran literasi digital bagi guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Indrayani, N. ., & Khoiriyah, K. (2024). Analisis Pembelajaran Extensive Reading Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah di Pasuruan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 219–232. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1672
Bagian
Articles

Referensi

Bamford, J., & Day, R. R. (2004). Introduction to Extensive Reading Activities for Teaching Language. In J. Bamford & R. R. Day (Eds.), Extensive Reading Activities for Teaching Language (1st ed., pp. 1–6). Cambridge University Press.

Birch, B. M., & Fulop, S. (2021). English L2 Reading: Getting to the Bottom. In E. Hinkel (Ed.), ESL & Applied Linguistics Professional Series (Fourth). Routledge.

Brown, H. D. (2000). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. In Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (2nd ed.). Longman.

Cahyono, B. Y., Kurnianti, O. D., & Mutiaraningrum, I. (2016). Indonesian EFL Teachers’ Application of TPACK in In-Service Education Teaching Practices. International Journal of English Language Teaching, 4(5), 16–30.

Ferdila, R. (2014). The Use of Extensive Reading in Teaching Reading. Journal of English and Education, 2(2), 68–80.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication, Inc.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1177/016146810610800610

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf

Safaeia, L. A., & Bulca, M. (2013). Extensive Reading and Creative Practices. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70, 592–597. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.097

Slavin, R. E. (2018). Educational Psycology: Theory and Practice (Twelfth). Pearson Education, Inc.

Srisawasdi, N. (2012). The Role of TPACK in Physics Classroom: Case Studies of Preservice Physics Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(July), 3235–3243. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.043

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.

Tanak, A. (2020). Designing TPACK-Based Course for Preparing Student Teachers to Teach Science with Technological Pedagogical Content Knowledge. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(1), 53–59. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.07.012

Yulia, M. F. (2018). Extensive Reading for Indonesian University Students: an Alternative Framework for Implementation. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 21(2), 207–218. https://doi.org/10.24071/llt.2018.210210