Pengalaman Belajar Mandiri Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga UM Menggunakan LMS SIPEJAR Matakuliah Manajemen Pelayanan Makanan Dan Minuman
Isi Artikel Utama
Abstrak
E-learning telah menjadi pilihan beberapa institusi pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterjangkauan pendidikan. Universitas Negeri Malang (UM) sebagai salah satu perguruan tinggi juga memiliki infrastruktur e-learning yang disebut SIPEJAR(Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan), yaitu merupakan Learning Management System berbasis Moodle. Moodle didesain dengan berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, proses kegiatan berbasis internet ini dapat melalui situs web dan mobile yang dibangun khusus dengan prinsip social constructionst pedagody yang dapat membantu pengajar dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalamannya belajar mandiri mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga UM pada SIPEJAR Matakuliah Manajemen Pelayanan Makanan Dan Minuman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, indikator pengalaman belajar mandiri yang diteliti diantaranya meliputi motivasi belajar, strategi belajar, peningkatan pengetahuan dan keterampilan setelah belajar. Hasilnya diharapkan dapat menjadi indikator pengembangan SIPEJAR sebagai media belajar mandiri mahasiswa.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, S., & Jaya, M. (2020). Implementasi Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2(0), 228–234. https://doi.org/10.30645/SENARIS.V2I0.166
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran e-learning. Warta, 56(April). Retrieved from https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4
Kumar Basak, S., Wotto, M., & Bélanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D- learning: Conceptual definition and comparative analysis. E-Learning and Digital Media, 15(4), 191–216. https://doi.org/10.1177/2042753018785180
Laifa Rahmawati, Jumadi, J. I. (2018). E-Learning dan Konsep Belajar Mandiri. Retrieved from https://123dok.com/document/4zpvw37z-penerapan-learning- sistem-pendidikan-pendidikan-tutorial-universitas-terbuka.html
Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik Di Perguruan Tinggi. IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 50–55.
Prestiadi, D., Maisyaroh, M., Zulkarnain, W., Nurabadi, A., Arifin, I., & Bhayangkara,
A. N. (2021). Pengembangan Video Bahan Ajar Sipejar Pada Perkuliahan Blended Learning Supervisi Pengajaran Melalui Model Pembelajaran Problem Based Role Playing (Pbrp). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 72. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p72
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.
Merdeka Belajar, (November), 289–302.
Surjono, H. D. (n.d.). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif. 1–10. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/131666733/penelitian/peranan-tik-dalam- pembelajaran-inovatif.pdf
Sutadji, E., Hidayat, W. N., Patmanthara, S., Sulton, S., Jabari, N. A. M., & Irsyad, M. (2020). Measuring user experience on SIPEJAR as e-learning of Universitas Negeri Malang. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 732(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/732/1/012116
Tim Pengembang Kurikulum S1 Pendididkan Tata Boga. (2020). S1 PENDIDIKAN TATA BOGA DOKUMEN FORMAL PENGEMBANGAN KURIKULUM.
Universitas Negeri Malang. (2019). RENCANA STRATEGIS BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2020—2024. Retrieved from https://um.ac.id/wp- content/uploads/2019/08/RENSTRA-BISNIS-UM-2020-2024.pdf