Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pratikum Viskositas Zat Dengan Metode Induksi Elektromagnetik Berbantuan Audancity

Isi Artikel Utama

Lis Suswati
Muhammad Subhan
Hendrik Siswono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains dengan alat pratikum pengujian viskositas zat cair (oli) dengan metode induksi elektromagnetik berbantuan audancity. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskripsi. Penelitian dilakukan di SMKN 3 Kota Bima. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran pratikum viskositas zat cair menggunakan metode induksi elektromagnetik berbantuan audancity diperoleh keterampilan proses sains yang muncul pada indikator kemampuan mengamati (observasi), mengkomunikasikan, menafsirkan, mengajukan pertanyaan. Sedangkan kemampuan mengolongkan dan meramalkan tergolong pada tidak muncul dengan presentase sangat rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suswati, L., Subhan, M. ., & Siswono, H. . (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pratikum Viskositas Zat Dengan Metode Induksi Elektromagnetik Berbantuan Audancity. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 134–142. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1654
Bagian
Articles

Referensi

Ainul Ghurri (2014). Dasar-Dasar Mekanika Fluida. Denpasar : Jurusan Teknik Mesin – Universitas Udayana

Ardiansyah, David. "Perancangan dan penerapan sensor kumparan untuk percobaan viskositas dengan metode bola jatuh." Inovasi Fisika Indonesia 6.1 (2017).

Cansiz, Sungur & Oztekin, 2015. Exploring The Development of Science Process Skills Through History of Science Instruction. Research Gate (2015): 2735 – 2741

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Irdianti, I. (2018). Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa pada materi termodinamika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 345-353.

Habiburrohman, Agus Wahid, and Fauzi Fauzi. "Rancang Bangun Alat Viskositas Zat Cair Menggunakan Sensor Inframerah Sebagai Detektor Waktu Pada Praktikum Viskositas Zat Cair Matakuliah Fisika Dasar." Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia 2.2 (2020).

Hartini, L., & Miriam, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Berkala Ilmiah endidikan Fisika, 6(1), 69–82.

Jaafar, Rosly, and Anis Nazihah Mat Daud. "Harmonic series experiments in three-in-one resonance tube with audacity software." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1185. No. 1. IOP Publishing, 2019.

Kustijono, R., Jatmiko, B., & Ibrahim, M. (2018). The Effect Of Scientific Attitudes Toward Science Process Skills In Basic Physics Practicum By Using Peer Model. International Journal Of Geomate,

(50), 82–87.

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49-54.

Ratamun, M. M., & Osman, K. (2018). The Effectiveness Of Virtual Lab Compared To Physical Lab In The Mastery Of Science Process Skills For Chemistry Experiment. Problems of Education in the 21st Century, 76(4)

Sulistiyono, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Ma Riyadhus Solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61-73.

Susanti, H., & Asmoro, C. P. (2019). Rekonstruksi Set Alat Percobaan Viskositas. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 4(1), 31-36.

Susilana, R. dan Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurikulum & Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Siswono, H. (2017). Analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Momentum: Physics Education Journal, 83-90.

Tippler, Paul A. (2013). Fisika untuk sains dan teknik. Jakarta, Erlangga

Warsito, Sri Wahyu Suciyati, dan Dyan Isworo (2012). Desain dan Analisis Pengukuran Viskositas dengan Metode Bola Jatuh Berbasis Sensor Optocoupler dan Sistem Akuisisinya pada Komputer. Jurnal Natur Indonesia 14(3), Juni 2012: 230-235