Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat Nu 121 Bangsalsari Jember
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan montase terhadap perkembangan motoric halus anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 121 Bangsalsari Jember. Jenis penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan jenis one group pretest-postest design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 15 siswa kelas B. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai < yaitu 277445062 < 0,338 sehingga data berdistribusi normal, uji homogenitas menunjukkan nilai < yaitu 0,339805825 < 0,402620943 yang artinya data pretest dan posttest homogen. Tekhnik analisis data yang digunkan adalah uji parametrik paired sample t test karena uji prasyarat sampel telah terpenuhi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi 2 tailed lebih kecil dari 0,05 serta nilai t hitung lebih besar dari t tabel yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan montase terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 121 Bangsalsari Jember.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Andini, N. S., & Hasibuan, R. (2017). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus pada Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 20-24. https://core.ac.uk/download/pdf/230643427.pdf
Annuar, H., Nirmala, B., & Samarto, N. (2021). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Anak. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(3), 23-31. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3184884
Gebang, A. A. (2020). Analisis Data. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. http://repository.unas.ac.id/4015/1/Review%20Buku%20Metode%20Penelitian.pdf
Karela, Y., Iswantiningtyas, V., Kurniawati, E., & . (2020). Rancangan Kegiatan Montase Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 92-97. https://scholar.archive.org/work/c3eolywlojhyrhmwrdzbopnqua/access/wayback/https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/download/1648/1146
Kusmana, H. S. (2023). Pengaruh Media Montase Terhadap Kemampuan Klasifikasi Objek Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negri Pembina 2 Kota Jambi. Skripsi. https://repository.unja.ac.id/45475/
Luviani, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official (Cuci Tangan Yuk) Terhadap Perilaku Imitasi Anak. MUTAKALLIMIN;Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 44-50. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/3726
Mannasai, A. F., & Pratiwi, W. (2021). Pengaruh Media Film Animasi Nussa dan Rara terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Kelas A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-15. http://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/10696
Muaz, F. (2022). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di TK B di TK Islam An-Nizomiyah tahun 2021-2022. Skripsi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64858
Mukminin, A., & Dadan, S. (2019). Pengaruh Montase Terhadap Motorik Anak di Taman Kanak-Kanak Assofah Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1619-1629. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36906
Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta https://piaud.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/43_20210506_Undang-Undang%20Nomor%2020%20Tahun%202003%20tentang%20Sistem%20Pendidikan%20Nasional.pdf
Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 tahun 2014 tentang Standard Nasional PAUD
Pura, D. N., & Asnawati. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/7671
Putri, H. (2018). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai Motorik halus Anak TK/SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 88-95. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/957
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov dan Saphiro Wilk. Journal Of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7-11. https://j-hest.web.id/index.php/2/article/view/42
Rahmat, A., & Mamonto, E. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 64-72. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/9728
Rohamah, T., Nirmala, I., & Putri, V. E. (2021). Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3497-3507. https://www.academia.edu/download/87046824/478491378.pdf
Saniya, S., Huda, & Nurmalia. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Montase. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 39-44. http://smartkids.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/smartkids/article/view/107
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pen. Prisma, 6(2), 180-191. https://www.academia.edu/download/72501442/140.pdf
Sianturi. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan,Sains, Sosial, dan Agama, 8(1), 386-397. https://jurnal.radenwijaya.ac.id/index.php/PSSA/article/view/507
Silahuddin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Dini. Jurnal Ar-Raniry, 3(2), 18-41. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/1705/1243
Silvia , D. (2020). Pengajuan Hipotesis. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. http://repository.unas.ac.id/4015/1/Review%20Buku%20Metode%20Penelitian.pdf
Siswanti, D. (2021). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, 1-12. https://www.academia.edu/download/67444343/Tugas_UTS_Manajemen_PAUD_18022007_Dewi_Siswanti.pdf
Sulaiman, U., Ardianti , N., & Selviana. (2019). Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52-65. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/view/52-65
Sundayana, I., Aryawan, K. Y., & Fransiska, P. C. (2020). Perkembangan Motorik Halus Pada Usia Prasekolah 4-5 Tahun dengan Kegiatan Montase. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 446-455. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/1052
Susanti, T. (2022). Efektifitas Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Meningkatkan Pengetahuan Makan Anak Usia Dini Di KB Anugerah Ampang Kuranji. Institut Agama Islam Negeri Batu Sangkar: Skripsi:Tidak diterbitkan. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/25326
Syawalia, G. F., Rahman, T., & Giyartini, R. (2021). Analisis Media Montase terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 229-236. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40919
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2021). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta Bandung.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1-16 http://repository.uin-malang.ac.id/1984/
Yunita, I. (2019). meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan pada anak kelompok A1 di TK Kartika III-38 Kentungan Depok Sleman. Skripsi. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/1052