Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat Nu 121 Bangsalsari Jember

Isi Artikel Utama

Laily Nur Indah Sari
Ianatuz Zahro
Dewi Masyitoh

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan montase terhadap perkembangan motoric halus anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 121 Bangsalsari Jember.  Jenis penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan jenis one group pretest-postest design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 15 siswa kelas B. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai <  yaitu 277445062 < 0,338 sehingga data berdistribusi normal, uji homogenitas menunjukkan nilai  <  yaitu 0,339805825 < 0,402620943 yang artinya data pretest dan posttest homogen. Tekhnik analisis data yang digunkan adalah uji parametrik paired sample t test karena uji prasyarat sampel telah terpenuhi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi 2 tailed lebih kecil dari 0,05 serta nilai t hitung lebih besar dari t tabel yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan montase terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 121 Bangsalsari Jember.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sari, L. N. I. ., Zahro, I., & Masyitoh, D. . (2024). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat Nu 121 Bangsalsari Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 95–110. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1651
Bagian
Articles

Referensi

Andini, N. S., & Hasibuan, R. (2017). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus pada Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 20-24. https://core.ac.uk/download/pdf/230643427.pdf

Annuar, H., Nirmala, B., & Samarto, N. (2021). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Anak. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(3), 23-31. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3184884

Gebang, A. A. (2020). Analisis Data. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. http://repository.unas.ac.id/4015/1/Review%20Buku%20Metode%20Penelitian.pdf

Karela, Y., Iswantiningtyas, V., Kurniawati, E., & . (2020). Rancangan Kegiatan Montase Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 92-97. https://scholar.archive.org/work/c3eolywlojhyrhmwrdzbopnqua/access/wayback/https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/download/1648/1146

Kusmana, H. S. (2023). Pengaruh Media Montase Terhadap Kemampuan Klasifikasi Objek Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negri Pembina 2 Kota Jambi. Skripsi. https://repository.unja.ac.id/45475/

Luviani, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official (Cuci Tangan Yuk) Terhadap Perilaku Imitasi Anak. MUTAKALLIMIN;Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 44-50. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/3726

Mannasai, A. F., & Pratiwi, W. (2021). Pengaruh Media Film Animasi Nussa dan Rara terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Kelas A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-15. http://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/10696

Muaz, F. (2022). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di TK B di TK Islam An-Nizomiyah tahun 2021-2022. Skripsi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64858

Mukminin, A., & Dadan, S. (2019). Pengaruh Montase Terhadap Motorik Anak di Taman Kanak-Kanak Assofah Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1619-1629. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36906

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta https://piaud.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/43_20210506_Undang-Undang%20Nomor%2020%20Tahun%202003%20tentang%20Sistem%20Pendidikan%20Nasional.pdf

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 tahun 2014 tentang Standard Nasional PAUD

Pura, D. N., & Asnawati. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/7671

Putri, H. (2018). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai Motorik halus Anak TK/SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 88-95. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/957

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov dan Saphiro Wilk. Journal Of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7-11. https://j-hest.web.id/index.php/2/article/view/42

Rahmat, A., & Mamonto, E. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 64-72. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/9728

Rohamah, T., Nirmala, I., & Putri, V. E. (2021). Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3497-3507. https://www.academia.edu/download/87046824/478491378.pdf

Saniya, S., Huda, & Nurmalia. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Montase. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 39-44. http://smartkids.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/smartkids/article/view/107

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pen. Prisma, 6(2), 180-191. https://www.academia.edu/download/72501442/140.pdf

Sianturi. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan,Sains, Sosial, dan Agama, 8(1), 386-397. https://jurnal.radenwijaya.ac.id/index.php/PSSA/article/view/507

Silahuddin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Dini. Jurnal Ar-Raniry, 3(2), 18-41. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/1705/1243

Silvia , D. (2020). Pengajuan Hipotesis. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. http://repository.unas.ac.id/4015/1/Review%20Buku%20Metode%20Penelitian.pdf

Siswanti, D. (2021). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, 1-12. https://www.academia.edu/download/67444343/Tugas_UTS_Manajemen_PAUD_18022007_Dewi_Siswanti.pdf

Sulaiman, U., Ardianti , N., & Selviana. (2019). Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52-65. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/view/52-65

Sundayana, I., Aryawan, K. Y., & Fransiska, P. C. (2020). Perkembangan Motorik Halus Pada Usia Prasekolah 4-5 Tahun dengan Kegiatan Montase. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 446-455. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/1052

Susanti, T. (2022). Efektifitas Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Meningkatkan Pengetahuan Makan Anak Usia Dini Di KB Anugerah Ampang Kuranji. Institut Agama Islam Negeri Batu Sangkar: Skripsi:Tidak diterbitkan. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/25326

Syawalia, G. F., Rahman, T., & Giyartini, R. (2021). Analisis Media Montase terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 229-236. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40919

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2021). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta Bandung.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1-16 http://repository.uin-malang.ac.id/1984/

Yunita, I. (2019). meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan pada anak kelompok A1 di TK Kartika III-38 Kentungan Depok Sleman. Skripsi. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/1052