Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Rizki Sevi Triana
Winnuly
Tri Susanti

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya manusia yang tingkat kecerdasannya baik tetapi kecil kemungkinannya untuk mencapai kesuksesan dalam hidup, hal ini disebabkan karena faktor kecerdasan sosial dan emosional, banyak orang yang kecil kemungkinannya untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. mengendalikan dorongan hati, kurang mampu mengelola stres dengan baik, kurang mampu berkomunikasi dengan baik, kurang mampu mengenali dan memecahkan masalah, kurang mampu beradaptasi, dan lain-lain, maka dari itu perlu dilaksanakan kajian dengan kasus menggunakan beberapa contoh sebagian orang yang akan melaksanakan proses pendidikan anaknya. Survey yang dilaksanakan para peneliti serta mengajukan pertanyaan kepada masyarakat terdekat dan  banyak tanggapan yang bermacam-macam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dipadukan dengan sebuah tekhnik penelitian dokumen, dengan tujuan mencapai hasil penelitian yang diinginkan,. Hasil dari penelitian ini telah membantu memperoleh fenomena dan data yang menunjukkan dengan adanya lembaga pendidikan prasekolah sangat penting dalam merangsang berkembangnya potensi terpendam anak, khususnya aspek tumbuh kembang anak, salah satunya adalah sebuah  perkembangan emosi dan sosial anak khususnya anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sevi Triana, R. ., Winnuly, W., & Susanti, T. (2024). Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 48–57. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1645
Bagian
Articles

Referensi

Anderson, C. A. (1965). Educational Patterns in Contemporary Societies. I. N. Thut , Don Adams. Comparative Education Review, 9(1), 110–111. https://doi.org/10.1086/445114

Ariah, & Widyasari. (2020). Implementation Of School Culture Program In Character Education Strengthening. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 1(2), 50–58. https://doi.org/10.30997/ijsr.v1i2.16

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi.

Arthur, J., & Powell, S. (2009). Foundations of Character - Developing Character and Values in the Early Years.

Berk, L. E. (2006). Child Development. Pearson International Edition.

Buhaerah, B. (2022). Parental attention patterns to ask children to study in the Covid-19 pandemic. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(2), 258. https://doi.org/10.29210/168900

Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Fitria, A. (2013). Pendidikan Taman Kanak-kanak. Kompasiana.

Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Haryono, S. E., Muntomimah, S., & Eva, N. (2021). Planting Values through Character Education for Early Childhood. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8194

Hill, W. F. (1985). Learning?: a survey of psychological interpretations. Harper & Row.

Hill, W. F. (2011). Theories of learning?: teori-teori pembelajaran (Kelima). Nuda Media.

Imam Tabroni, Ayit Irpani, Didih Ahmadiah, Akhmad Riandy Agusta, Sulaiman Girivirya, & Ichsan. (2022). IMPLEMENTATION AND STRENGTHENING OF THE LITERACY MOVEMENT IN ELEMENTARY SCHOOLS PASCA THE COVID-19 PANDEMIC. MULTICULTURAL EDUCATION, 8(01), 15–31. https://www.mccaddogap.com/ojs/index.php/me/article/view/15

Imam Tabroni, Rendy Afrizal, Elsa Nurmawati, Siti Nurlatifah, & Siti Nurlatifah. (2021). CHARACTER BUILDING: AN ANSWER TO THE WORSENING OF HUMAN CHARACTER? SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 11–14. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i3.57

Lewis, M., & Michalson, L. (1983). Children’s Emotions and Moods. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4613-3620-4

Lickona, T. (2004). Character matters?: how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. Simon & Schuster. https://search.library.wisc.edu/catalog/999956127802121

Mayangsari, D., Fardana, N. A., & Yoenanto, N. H. (2022). Strategi Pembelajaran yang Efektif pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dari berbagai Negara. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4954–4966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2904

Meloeng, L. J. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.

Nurhayati M.Psi., M. Psi. N., Anita, A., Trisnawati, D., Astuti, R., Maisaroh, R., Rizky, F., Fahlefi, F., Putri, M. C., Ayani, R., Hardisa, A., & Nuramiza, S. (2023). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. In B. Nurfadillah (Ed.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Papalia, D. E. (2008). Human Development. Kencana.

Schunk, D. H. (1991). Learning theories: An educational perspective. In Learning theories: An educational perspective. Macmillan Publishing Co, Inc.

Siti Maesaroh, N., Tabroni, I., & Syaprudin, D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Purwakarta Mata Pelajaran PAI Pada Masa Covid-19. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(01), 35–56. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.03

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori.

Syamsuddin, A. (2000). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Tabroni, I., Husniyah, H., Sapitri, L., & Azzahra, Y. (2022). Impact of Technological Advancements on The Establishment of Characteristics of Children. EAJMR: East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1, 27–32. https://doi.org/10.54259/eajmr.v1i1.453

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170

Widiastuti, R. Y., & Yuliati, N. (2023). Analisis Kesiapan Mental Anak Usia Dini Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5564–5574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5177