Evaluasi Pembelajaran Agama Islam di Universitas PGRI Argopuro Jember

Isi Artikel Utama

Mukhtar Zaini Dahlan
Ahmad Jazuly
Trio Suwargono
Dewi Masyitoh

Abstrak

Evaluasi pendidikan agama Islam menjadi landasan utama untuk memahami sejauh mana tujuan pendidikan agama Islam telah tercapai, serta untuk mengidentifikasi area perbaikan yang mungkin diperlukan. Evaluasi pembelajaran PAI di Universitas PGRI Argopuro Jember juga memiliki dampak pada kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan. Mahasiswa yang telah mengalami evaluasi pembelajaran PAI yang baik diharapkan dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, dengan mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah beberapa urgensi evaluasi pembelajaran PAI di Universitas PGRI Argopuro jember pertama Pemastian Pencapaian Tujuan Pendidikan agama islam. Kedua Penyelarasan Kurikulum PAI. Ketiga Peningkatan kualitas pembelajaran pai. Keempat Perbaikan strategi pembelajaran PAI

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dahlan, M. Z. ., Jazuly, A. ., Suwargono, T., & Masyitoh, D. (2024). Evaluasi Pembelajaran Agama Islam di Universitas PGRI Argopuro Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 34–47. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1644
Bagian
Articles

Referensi

Abdillah, Fardan. 2021. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Ainiyah, Nur. "Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam." Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, vol. 13, no. 1, 2013, pp. 25-38.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Amenah, Evaluasi Proses dan Produk pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Semarang, Tesis, Semarang: Program Pasca Sarjana IAIN Walisongo, 2010.

Arifin, Moh, Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran PAI Peserta Kelas IX di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo Pati, Skripsi, Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2009.

Dahlan, Mukhtar Zaini. 2019. Pendidikan Agama Islam. Jember. LPPM IKIP Jember

Dahlan , M. Z. . (2024). Pelibatan Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Krativitas Belajar Anak Usia Dini Di Pos PAUD Teratai 23. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 209–219. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1266

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

FAI UMA, 2023. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Pemahaman yang Holistik. https://fai.uma.ac.id/2023/07/04/pengembangan-kurikulum-pendidikan-agama-islam-untuk-membentuk-pemahaman-yang-holistik/

Hairun, Yahya. 2020. Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Farida, Ida. 2017. Evaluasi Pembelajran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.