Analisis Penerapan Problem Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika
Isi Artikel Utama
Abstrak
Problem based learning merupakan metode pembelajaran berbasis masalah yang berpusat pada siswa. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat memiliki kaitan erat dan memiliki nilai signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822
ANNISA, T. M., Idarianty, I., & Badariah, B. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah …. 8(1), 10–18. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1699%0Ahttp://repository.uinjambi.ac.id/1699/1/ANNISA %28SKRIPSI%29-BOOKMARK - annisa nasution.pdf
Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871
Ariyani, O. W., & Tego, P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736
Dewi, W. A. F., & Wardani, K. W. (2021). Metaanalisis Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1241–1251. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/915
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmah Mahasiswa (JIM), 2(3), 283.
Haeruman, L. D., Anny Sovia, & Flavia Aurelia Hidajat. (2023). Meta-Analisis: Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.5067.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627
Kritis, B., & Materi, M. (2023). Pre-Test Post-Test. 12(1), 473–482.
Linton, J. D., Klassen, R., Jayaraman, V., Walker, H., Brammer, S., Ruparathna, R., Hewage, K., Thomson, J., Jackson, T., Baloi, D., Cooper, D. R., Hoejmose, S. U., Adrien-Kirby, A. J., Sierra, L. A., Pellicer, E., Yepes, V., Giunipero, L. C., Hooker, R. E., Denslow, D., … Anane, A. (2020). No ????????????????????? ?????????????????Title. Sustainability (Switzerland), 14(2), 1–4. http://www.unpcdc.org/media/15782/sustainable procurement practice.pdf%0Ahttps://europa.eu/capacity4dev/unep/document/briefing-note-sustainable-public-procurement%0Ahttp://www.hpw.qld.gov.au/SiteCollectionDocuments/ProcurementGuideIntegratingSustainabilit
Magdalena, I., Azzahra, A., Guru, P., Dasar, S., Tangerang, U. M., & Kritis, B. (2024). Cendikia pendidikan. 2(8), 1–11. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Maros, I. L. K. A. B. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI SDN 160 ( PGSD , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Islam Makassar , Indonesia ) 1 ( PGSD , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Islam Makassar , Indonesia ) 2 Alamat e-mail?: afniwahid777@gmail.com ( PGSD , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Islam Makassar , Indonesia ) 3 berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah bagi pihak- pihak yang terkait baik secara langsung maupun tidak langsung , seperti pihak guru , kepala sekolah , pengawas , orangtua , masyarakat dan pihak itu sendiri , dalam mengimplementasikan dasar . ( Otang Kurniaman , 2017 ). 2(1), 27–37.
Nasihah, E. D., Supeno, & Lesmono, A. D. (2019). PENGARUH TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Email?: eviedurotun@gmail.com Abstrak Nasihah , Supeno , Lesmono . – Pengaruh Tutor Sebaya … PENDAHULUAN Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana u. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 44–57.
Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2016). Perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran konvensional dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa pada materi pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 291–300.
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Viii Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Ratana Subha Tusitadevi, & Suhandi Astuti. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Inventa, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3528
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica?: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. 03(01), 1–5.
Ruli, E., & Indarini, E. (2022). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 221–228. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Saputri, M. A., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Berfikir Kritis pada Pembelajaran Matematika: Kajian Meta-Analisis. Fondatia, 5(1), 85–94. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1102
Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719
Sarwoedi, Wahyu Widada, & Dewi Herawaty. (2023). Pengaruh problem-based learning berbasis etnomatematika Rejang Lebong terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 31–34. https://doi.org/10.33292/amm.v1i1.5
Septaria, K. (2021). Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. 3(Dl), 77–89.
Surur, M., Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2020). The effect of problem-based learning strategies and cognitive styles on junior high school students’ problem-solving abilities. International Journal of Instruction, 13(4), 35–48. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1343a
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228
Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(1), 1–8.
Widiani, Y. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 39. https://doi.org/10.29300/equation.v2i1.2309
Yustinaningrum, B., Fitri, A., & Juliana. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
Zahro, M. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam. 18(1).
Zainal, N. F. (2022). Problem Based