Pengaruh Bahasa Iklan dan Hasil Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Keputusan Pembelian Kartu Provider Internet Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada saat akan mengambil sebuah keputusan pembelian, iklan adalah sumber informasi yang sangat penting. Tetapi, mahasiswa dalam membeli sebuah produk hanya melihat dari segi mereknya saja atau berdasarkan pengaruh orang sekitar, dimana mereka kurang memahami apa isi informasi pada iklan yang disajikan. Hal tersebut menjadikan mahasiswa tidak bisa menjadi konsumen yang bijak dalam mengambil sebuah keputusan pembelian, dimana seharusnya mereka dapat mengambil sebuah keputusan pembelian secara bijak karena mereka sudah dibekali dengan ilmu tentang menjadi konsumen yang bijak pada mata kuliah Kewirausahaan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan Pengaruh Bahasa Iklan dan Hasil Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek Pada Era Pandemi Covid-19. Cara yang digunakan mengambil sampel penelitian ini yaitu memakai metode non probability sampling dan sampel total sejumlah 35 mahasiswa. Cara mengumpulkan data yaitu dengan metode kuesioner tertutup yang sudah teruji coba menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Secara keseluruhan pengaruh Bahasa Iklan dan Hasil Akhir Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Keputusan Pembelian yaitu sebanyak 45,9% adapun sisanya 54,1% terpengaruh dengan faktor-faktor lain selain variabel penelitian ini.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Anggita, Dewi Ayu. 2021. Laras Bahasa Iklan Dalam Media Sosial Youtube Periode Februari-April 2021. Trenggalek: STKIP PGRI Trenggalek.
Kuspriyono, Taat. 2018. Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika. 18(1). 59-66.
Ningrum, Nur Hikmah Dwi & Ali Maddinsyah. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware Pada Distributor Ishwarya Parama Ciputat Timur Tangerang Selatan. Jurnal Perkusi. 1(1). 31-36.
Nurhana, Farida. 2020. Pengaruh Persepsi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasca Pembelian Pengguna Aplikasi Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhinneka Pgri Tahun Akademik 2019/2020). Tulungagung: Universitas Bhineka PGRI.
Ramadhani, Nova T & Ida Nurnida. 2017. Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica. 1(1). 89-97.
Samosir, Betania Agustina & Sri Wartini. 2017. Pengaruh Iklan Pada Keputusan Pembelian Melalui Sikap Konsumen. Management Analysis Journal. 6(3). 254-261.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.