PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENDESKRIPSIKAN KONDISI FISIK WILAYAH DAN PENDUDUK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “G TO G INVESTIGATION” DI SMP NEGERI 2 DONGKO

Isi Artikel Utama

Mamik Utami Harini

Abstrak

Luasnya materi dari KD 1.1 seharusnya bukan merupakan masalah bagi siswa-siswa SMP Negeri 2 Dongko, karena diperpustakaan telah menyediakan buku-buku cetak mata pelajaran IPS. Selain buku-buku rujukan di perpustakaan, setiap siswa juga mempunyai buku pendamping mata pelajaran IPS.  Akan  tetapi keengganan dalam membaca ini cukup menghambat pencapaian hasil yang optil. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Materi Mendeskripsikan Kondisi Fisik Wilayah Dan Penduduk Melalui Model Pembelajaran “G to G Investigation” Pada Kelas VIII A Semester 1 Di SMP Negeri 2 Dongko. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tahap-tahap pelaksanaan yang didalamnya terdapat empat tahap kegiatan. Penelitian ini memilih kelas   VIII A   dengan alasan bahwa kegiatan pembelajaran sehari-hari pada saat kelas VII kelas  VIII A ini merupakan kelas yang masih rendah hasil belajarnya. Adapun Instrumen yangdalam penelitian adalah tes tulis pilihan ganda sejumlah 20 butir soal yang pelaksanaannya pada akhir pertemuan ke 2. Dari hasil penelitian dapat diketahui peingkayan keberhasilan siswa, pada saat siklus 1 persentase ketuntasan adalah  75.00% meningkat menjadi 90,63% pada saat siklus 2.  Demikian pula dengan nilai rata-rata kelas  VIII A pada saat  siklus 1 adalah  71,5 dan meningkat  menjadi 78,44 pada siklus 2.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harini, M. U. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENDESKRIPSIKAN KONDISI FISIK WILAYAH DAN PENDUDUK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “G TO G INVESTIGATION” DI SMP NEGERI 2 DONGKO. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.139
Bagian
Articles