Pengembangan E-Modul Materi Dasar Fungsi Teknis Kepolisian Di Polresta Sidoarjo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengembangan e-modul pada Materi Dasar Fungsi Teknis Kepolisian di Polresta Sidoarjo sehingga dapat digunakan oleh user dengan lebih praktis. Dalam rangka mencapai tujuan penelitian, metode pengembangan dengan merujuk pada pengembangan pada pengembangan ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi) dimana dalam prosesnya juga melakukan pengajuan terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat dijelaskan bahwa Pengembangan E-Modul Materi Dasar Fungsi Teknis Kepolisian Di Polresta Sidoarjo yaitu menggunakan model ADDIE, dimana e-modul ini melalui uji kelayakan dari ahli, pengujian perorangan, pengujian kelompok kecil dan implementasi di lapangan sehingga memiliki kategori baik sehingga dapat digunakan oleh user dengan lebih praktis apabila dibandingkan dengan modul yang ada sebelumnya.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran (Konsep dan Implementasi). Yogyakarta: Parama Ilmu.
Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anwar, I. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung
Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Branch, R. M., dan Dousay, T. A. 2015. Welcome to Jacksonville and the 2014 AECT International Convention. Sat, 10, 9–15.
Budiwanto, S. 2017. Metodelogi Penelitian dalam Keolahragaan. Malang: UM penerbit & Percetakan
Chaerudin, A. 2019. Manajamen Pendidikan dan Pelatihan SDM. Sukabumi: CV Jejak.
Corinorita. 2017. Pelaksanaan In House Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora. 3(1): 117-122
Degeng, N.S. 2013. Strategi Pembelajaran: Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Penerbit IKIP Malang dengan Biro Penerbitan IPTPI
Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Panduan Praktis Penyusunan e-Modul. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Gie, T. L. 2013. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamid, H. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyatiningsih, E. 2016. Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September
Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran, sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada.
Prastowo, A. 2011. Pandian Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prawiradilaga, D. S. 2015. Prinsip desain pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Pribadi, B.A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Purwanto, M. D. 2017. Pengembangan Modul. Jakarta: CV Rajawali
Rusmayana, T. 2021. Model Pembelajaran Addie Integrasi Pedati Di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Saputro. 2009. Module vs E-Modul. Yogyakarta: UNY.
Sani, A. R. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setyosari, P. 2009. Pemilihan Dan Penggunaan Media Pembelajaran. Naskah disiapkan untuk materi acuan pada Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di PSG Rayon 15. Universitas Negeri Malang.
Setyosari, P. 2009. Pembelajaran kolaborasi Landasan untuk mengembangkan keterampilan sosila, rasa saling menghargai dan tanggung jawab. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional. Universitas Negeri Malang.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutanto. 2003. Buku Pedoman Pelaksaan Tugas Bintara Polri di Lapangan. Jakarta: Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.
Sungkono; MD Siddiq; dan I Munawaroh. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta. FIP UNY.
Suprayekti; Syamsudin, D; Djalil, A; Winataputra, U.S; Paulina P. 2014. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tjipto, U. 2001. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W.S. 2014. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta. Sketsa.
Zuhdan K P. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP)
Perkap Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana
Peraturan Kabareskrim Nomor 1, 2, 3 dan 4 Tahun 2014 tentang SOP Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan Penyidikan Tindak Pidana.
Perkap Polri Nomor 19 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia