The Influence Of PBL Models, Demonstrations And Initial Knowledge On Increasing Learning Achievement
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar antara penggunaan model PBL dan metode demonstrasi pada mata pelajaran bahasa Inggris, (2) perbedaan prestasi belajar antara pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah pada bahasa Inggris. mata pelajaran, dan (3) interaksi antara penggunaan model PBL, metode demonstrasi dan pengetahuan awal terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 48 Surabaya. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Subjek yang menjadi fokus eksperimen diambil secara acak klasikal yaitu empat kelas VII SMPN 48 Surabaya. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji statistik Analysis of Variant (Anova). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model PBL dan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 48 Surabaya yaitu siswa yang menggunakan model PBL memiliki hasil belajar yang lebih baik. dibandingkan siswa yang menggunakan metode demonstrasi, (2) Terdapat perbedaan pengaruh pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah terhadap prestasi belajar siswa di kelas VII SMPN 48 Surabaya yaitu siswa dengan pengetahuan awal tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan pengetahuan awal yang rendah, dan (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 48 Surabaya, dalam hal ini pengetahuan awal sebagai variabel moderator sangat mendukung hubungan yang kuat antara variabel independen dan variabel dependen. Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan pengetahuan awal tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar. Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan pengetahuan awal tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan capaian penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode demonstrasi dan pengetahuan awal dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 48 Surabaya.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Chen, J., Kolmos, A., de Carvalho Guerra, A. O. P., & Zhou, C. (2021). Academic staff’s motivation, outcomes and challenges in a pedagogical training programme of PBL. International Journal of Engineering Education, 37(4).
Darmawan, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Sman 2 Malang. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 2(1). Https://Doi.Org/10.24929/Lensa.V2i1.146
Dela Delviana. (2022). Pengaruh Metode Demontrasi Terhadap Kemampuan Problem Solving Pada Pembelajaran Sains. Al-Abyadh, 5(2). Https://Doi.Org/10.46781/Al-Abyadh.V5i2.572
Eneng Sri Anisa Widodo, & Muzhir Ihsan. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung melalui Metode Demontrasi pada Siswa Kelas II-A di SD Negeri Gunung Picung 03 Pamijahan Kabupaten Bogor. Primer Edukasi Journal, 1(1). https://doi.org/10.56406/jpe.v1i1.8
Faqihi, A. (2021). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i2.2013
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2).
Gorat, M., & Haryadi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Dan Inquiri Based Learning ( Ibl ) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Di Tinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 2(2).
Gunawan, W., Mastoah, I., Septantiningtyas, N., Wiyarno, Y., & Atiqoh, A. (2022). Pengaruh Strategi PBL dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 6(4), 6023–6029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3122
Hamid, R., Hidayat, A., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 3(1). https://doi.org/10.51454/jimsh.v3i1.52
Hikamah, S. R., Suhadi, Rohman, F., & Kurniawan, N. (2021). Developing virtual communication skills in online learning based on modified PBL during the COVID-19 pandemic. International Journal of Education and Practice, 9(2). https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.92.323.339
Intan Rizqi Anjali, I. N. S. (2021). Kajian Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Kependidikan Betara Kajian, 2(1).
Liu, X., Yang, Y., & Ho, J. W. (2022). Students Sense of Belonging and Academic Performance via Online PBL: A Case Study of a University in Hong Kong during Quarantine. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(3). https://doi.org/10.3390/ijerph19031495
Marfilinda, R.-. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle 7 E Dan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.84-97
Meilani, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Dan Pengetahuan Awal Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi.
Patent, P. (2022). Penerapan Metode Demontrasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Kelas VI SDN Tarusan Danum. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 13(2). https://doi.org/10.37304/jikt.v13i2.171
Prihanto, S. D., & Hawanti, S. (2021). Pengaruh Pengelolaan Kelas Guru Bahasa Indonesia Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tambak-Banyumas. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1). https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9743
Pujiyanti, A., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa MA. Physics Education Research Journal, 3(1). https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6666
Pusparini, R., & Widyanarko, B. (2022). Puppet as a Medium in Project-Based Learning (PBL) to Promote English Language Competencies. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.035
Putra, A. G. P., Bektiarso, S., & Handayani, R. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Kelas X Sma Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).
Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2021). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270
Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Rohana, R. (2022). Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I C Sdn 7 Mataram. Realita?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1). https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5019
Saad, A., & Zainudin, S. (2022). A review of Project-Based Learning (PBL) and Computational Thinking (CT) in teaching and learning. In Learning and Motivation (Vol. 78). https://doi.org/10.1016/j.lmot.2022.101802
Sriyani, E., & Sukadari, S. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik dengan Metode Demontrasi pada Kelas 1 SD N Tepus 1. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.387
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
SUNARTINI, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Penataan Produk Melalui Metode Demontrasi Kelas Xi Bdp 2 Smk Negeri 1 Bantul. Action?: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(2). https://doi.org/10.51878/action.v2i2.1160
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Teaching?: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444
Utami, D. P. (2020). Analisis Pengaruh Kompetensi Mahasiswa, Gaya Belajar Mahasiswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Pada Mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta Program Studi Akuntansi. Skripsi.
Yulianti, S., & Yulianti, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.736