Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Kelas XI MIPA 6 dengan PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching Di SMAN Balung

Isi Artikel Utama

Intan Maulidah Salma
Novy Eurika
Fifit Wulandari

Abstrak

Literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah, meskipun peringkatnya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Model pembelajaran memiliki pengaruh dimana cara penerapan dari suatu pembelajaran memiliki pengaruh besar pada kemampuan siswa dalam mendidik dirinya sendiri. Ada salah satu model pembelajaran yang dianggap tepat bila digunakan yaitu model pembelajaran berbasis masalah. Culturally Responsive Teaching (CRT) adalah pendekatan pembelajaran yang responsif-eksistensial keragaman budaya yang dialami siswa. Penelitian yang dilakukan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA 6. Desain penelitian ini menggunakan model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Ada 2 siklus yang dilakukan untuk penerapan yang mana sebelum pelaksanaan terdapat pra siklus. Lokasi penelitian berada di SMAN Balung dengan subjek siswa kelas XI MIPA 6 tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 36 orang. Teknik dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini mengggunakan analisis evaluasi ketuntasan literasi sains. Dari data menunjukkan bahwa dari siklus 1 dan siklus 2 telah mengalami peningkatan. Namun demikian masih terdapat siswa yang belum tuntas diantara siklus 1 atau siklus 2. Tetapi masih terjadi peningkatan yang signifikan sehingga dapat dikatakan upaya peningkatan literasi sains dengan model pembelajaran problem based learning berbasis CRT berhasil.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Salma, I. M. ., Eurika, N. ., & Wulandari, F. . (2024). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Kelas XI MIPA 6 dengan PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching Di SMAN Balung. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 220–230. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1267
Bagian
Articles

Referensi

Abadi, M., & Muthohirin, N. (2020). Metode Cultural Responsive Teaching dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 34-48.

Achmadi, T. A., Anggoro, A. B., Irmayanti, I., Rahmatin, L. S., & Anggriyani, D. (2020). Analisis 10 Tingkat Soft Skills Yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 145-151.

Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102-113.

Arif, I., Lukman, A., & Tuara, Z. (2021). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa Abad 21 pada Materi Hidrolisis di MAN 1 TIKEP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 194-204.

Betari, M. E., Yanthi, N, dan Rostika, D. (2020). Peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA di SD. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(2), 1-17.

Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158-164.

Djulia, E., Hasruddin, H., Arwita, W., Simatupang, Z., Brata, W. W. W., Sipayung, M., & Purnama, D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi. Medan, Yayasan Kita Menulis.

Hayani, I. (2019). Metode Pembelajaran Panduan Penerapan Bagi Guru MTs/SMP. Tangerang, Rumah Belajar Matematika Indonesia.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Indrawan, D. R., Uswatun, D. A., Lyesmaya, D., Herdiana, H., & Ilhami, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas 3 Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 558-568.

Kurnia, F., & Fathurohman, A. (2014). Analisis bahan ajar fisika SMA kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-47.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya, Media Sahabat Cendekia.

Majir, A. (2020). Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21. Yogyakarta, Deepublish.

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869-3888.

OECD. (2018). PISA 2018 results in focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Paris, OECD Publishing.

Rahayu, O., M. F. Siburian, dan A. Suryana. 2021. Analisis kemampuan pemecahan masalah ipa siswa kelas vii pada konsep pencemaran lingkungan di MTs. Asnawiyah Kabupaten Bogor. Biological Science and Education Journal. 1(1):15–23.

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., Syarah, S., Ibrahim, I., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan Literasi Sains Dan Identitas Budaya Siswa Melalui Pendekatan Etno-Pedagogi dalam Pembelajaran Sains. Edusains, 12(1), 54-63.

Septika, E., S. Djaga, dan Jumriah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa kelas 2 SD. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 93-99.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21-27.

Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora

Umamah, C., Norhasan, N., & Rofi’ah, J. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 67-74.

Utama, M. N., Ramadhani, R., Rohmani, S. N., & Prayitno, B. A. (2019). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Surakarta. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(2), 57-67.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Problem Based Learning (PBL) Learning Model: The Effect on Understanding of Concept and Critical Thinking. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.