PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu faktor yang penting bagi guru dalam menjalankan pembelajaran yang efektif adalah mengembangkan kemandirian belajar siswa, karena hal ini dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik, seperti model hybrid learning dengan dukungan flipbook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model hybrid leanring berbantuan flipbook terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilukakan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model hybrid learning terhadap kemandirian belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan (b) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model hybrid learning berbantuan flipbook terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,012. Sebagai rekomendasi, disarankan sekolah meningkatkan kualitas fasilitas dengan memperluas jangkauan wi-fi, terutama di area yang jauh dari pusat jaringan wi-fi, untuk memfasilitasi kelancaran pembelajaran dalam kelas tersebut.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
Andrianti, S. 2014. Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Dalam Pendidikan Agama Kristen Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teologi dan Pelayanan.
Hariyati, R. 2006. Pemanfaatan Proses Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 30-35.
Hidayati, K., dan Listyani, E. 2010. Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Edukasi Pendidikan, 84-99.
Lestari, S. I., Indrawati, & Budiarso, A. S. 2022. Pengaruh Penggunaan Filpbook pada Materi Tekanan Zat terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP. Pancasakti Science Education Journal, 19-30.
Linda, R., Zulfarina, Mas'ud, & Putra, T. 2021. Peningkatan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi SMP/MTS. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 191-200
Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., dan Bakia, M. 2013. The Effectiveness of Online and Blended Learning. A Meta Analysis of The Empirical Literature: Teachers College Record, 1-47
Mulyaningsih, N. N. 2013. Penerapan Media Pembelajaran Digital Book. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol V No. 1 hal 26.
Munawaroh, A., Ifadah, L., dan Utomo, S. T. 2020. Konsep Pendidikan Kemandirian Perspektif Pendidikan Agama Islam: Kajian Buku Teacherpreneurship Karya Hamidulloh . Jurnal Ilmiah Citra Ilmu, 37-52.
Nuraini, F., dan Santoso, B. 2022. Pengaruh Hybrid Learning terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 45-62.
Rahayu, A. D., & Haq, M. S. 2021. Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 186-199
Saparitna, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. 2020. Kelayakan Flipbook Digital sebagai Media Pembelajaran pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-11.
Septantiningtyas, N. 2019. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Aplikasi Google Class terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 131-135.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Smith, J., dan Johnson, A. 2018. The Effect of Flipbooks on Student Learning Outcomes in Science Education. Journal of Science Education, 256-267.
Prasetyono, R. N. & C. S. Hariyono. 2020. Development of Flipbook using Web Learning to Improve Logical Thinking Ability in Logic Gate. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(1): 342-348.