PENGARUH DISIPLIN IBADAH SHALAT DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Isi Artikel Utama

Diah Novita Fardani

Abstrak

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Masalah penelitian ini yaitu 1) disiplin dalam ibadah shalat dan kecerdasan emosional mempengaruhi prestasi belajar siswa kurikulum 2006 dan kurikulum 2013, 2) prestasi siswa dengan kurikulum 2006 berbeda dengan kurikulum 2013. Prestasi belajar siswa terbatas pada science trihedron, ilmu agama, ilmu sosial dan ilmu pengetahuan alam.  Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan pada ex post facto design, dengan siswa SMA Diponegoro 1 Jakarta sebagai responden, 85 siswa menggunakan kurikulum 2006 dan 72 siswa menggunakan kurikulum 2013.  Form kuisioner sebagai alat atau instrumen untuk mengumpulkan data, divalidasi menggunakan "Pearson's moment product", sementara untuk tes reliabilitas digunakan formula "cronbach alpha". Analisa penelitian data dengan teknik regresi dan formula t - test.  Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) disiplin ibadah shalat memberikan pengaruh dominan atau terbesar pada prestasi belajar siswa kurikulum 2006 (Y= a + bX1, Y = 4.698 + 0.278X1), memberikan kontribusi setara 7,7 %, 2) kecerdasan emosional memberikan pengaruh dominan pada prestasi belajar siswa kurikulum 2013 (Y = 485.6 + 0.327X1), memberikan kontribusi setara 10,7 %, 3) terdapat perbedaan signifikan antara prestasi belajar di area physical science pada siswa kurikulum 2006 (64.85) dan siswa kurikulum 2013 (70.43) dengan titik tengah perbedaan - 5.58.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fardani, D. N. (2018). PENGARUH DISIPLIN IBADAH SHALAT DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 2(2), 11–22. Diambil dari https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/109
Bagian
Articles