MENGEKSPLORASI EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM TERHADAP KETERLIBATAN DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA: STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PRONOJIWO

Isi Artikel Utama

Arie Eko Cahyono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media pembelajaran berbasis alam terhadap keterlibatan dan prestasi akademik siswa di SMP Negeri 1 Pronojiwo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas VII yang diambil secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan tes prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis alam efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMP Negeri 1 Pronojiwo. Selain itu, terdapat hubungan positif antara keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan prestasi akademik siswa dalam pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis alam. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Cahyono, A. E. (2022). MENGEKSPLORASI EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM TERHADAP KETERLIBATAN DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA: STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PRONOJIWO. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(2), 232–236. https://doi.org/10.31537/ej.v6i2.1043
Bagian
Articles

Referensi

Ashton, P. T., & Webb, R. B. (1986). Making a difference: Teachers' sense of efficacy and student achievement. Longman.

Kerka, S. (2002). Lifelong learning: concepts, practices, and values. ERIC Digest.

Khusuma, H. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 23-31.

Kistiani, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 202-210.

Reeve, J. (2012). Motivation, emotion, and human performance: a guide to the literature. Routledge.

Wardani, A. K., & Rahmat, A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 127-133.